Lumba-Lumba Akuarium Akan Digantikan Dengan Robot??

Edge Dolphin w swimmer1

Biasanya kalo kita ke tempat akuarium laut, kita biasanya sangat senang karena bisa melihat berbagai hewan laut yang mungkin kita belum pernah lihat. Seperti bintang laut, kura-kura, hiu, dan tentunya lumba-lumba.

Ya kita sudah pasti sering melihat lumba-lumba di akuarium. Tentunya hewan ini menjadi hewan favorit bagi pengunjung apalagi bagi anak-anak.

Tapi nantinya lumba-lumba di akuarium ini akan digantikan dengan robot di masa depan. Kok bisa?

Jadi saat ini, berbagai kebun binatang maupun akuarium laut mengalami masalah karena berbagai peraturan tentang hewan dan juga biaya perawatan hewan laut yang cukup mahal.

Apalagi kalau perawatan hewan tersebut kurang baik, pihak akuarium laut bisa saja dituntut atau diprotes oleh berbagai pihak.

Bahkan ada yang mengatakan bahwa lumba-lumba yang tinggal di akuarium laut lebih berpotensi mengalami kematian daripada hidup di laut.

Oleh karena itu, sebuah perusahaan di Selandia Baru bernama Edge Innovations membuat robot lumba-lumba dengan teknologi Artifical Intelligence dan juga Animatronic untuk membuat sebuah robot lumba-lumba seperti aslinya.

Tujuan dari pembuatan robot ini sendiri untuk edukasi tentang lumba-lumba dengan cara yang lebih aman bagi orang-orang dan juga tanpa membuat lumba-lumba hidup menderita di dalam akuarium.

Untuk daya listriknya, robot ini dapat bertahan hingga 10 jam dengan sekali isi ulang daya listrik.

Namun harganya sangat mahal karena satu robot ini saja dihargai hingga $26 juta. Walaupun begitu, robot lumba-lumba ini tetap menjadi solusi bagi akuarium laut dan rencananya robot ini akan dibuatkan akuarium di China.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s