Hoho! Di Amerika Solusi Pengganti Plastik Dihargai 1,5 Milyar Rupiah!

plastic reusable bags

Di Indonesia baru-baru ini mulai banyak daerah mencoba untuk mengurangi sampah plastik. Salah satunya Jakarta yang akan memberlakukan sanksi bagi usaha yang masih memberikan kantong plastik.

Tapi apa solusinya? Rata-rata cuma mengatakan bahwa pembeli harus membawa tas belanja dari rumah. Tapi repot kan?

Jadi, oleh karena itu sekarang solusi untuk mengurangi plastik yang paling efisien akan mendapat hadiah 1,5 milyar rupiah di Amerika! Gimana caranya?

Saat ini berbagai perusahaan retail Amerika yaitu Target, Walmart, dan CVS sedang mengadakan sebuah sayembara untuk pengganti kantong plastik.

Sayembara ini sendiri diadakan karena dari 100 milyar kantong plastik di Amerika per tahun, hanya 10% yang bisa didaur ulang. Bahkan sampah plastik dari retail menjadi salah satu sampah yang paling banyak di lautan.

Tentunya hal ini membuat para perusahaan retail harus mencari cara untuk mengganti kantong plastik dengan alternatif lainnya. Apalagi sekitar setengah juta orang menandatangani petisi untuk sebuah perusahaan retail untuk menghapus penggunaan plastik tahun lalu.

Berbagai perusahaan di Amerika sendiri sudah banyak yang menghentikan penggunaan plastik sekali pakai. Salah satunya perusahaan Whole Foods.

Ada juga Kroger yang berjanji akan menghentikan penggunaan plastik di tahun 2025 nanti.

Dari sayembara ini, akan dipilih 10-12 pemenang dengan hadiah hingga 1,5 milyar rupiah. Desain harus dikumpul pada tanggal 10 September dan pemenang diumumkan pada 24 November.

Jadi, apakah anda tertarik untuk mengikuti kompetisi ini?

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s