Agar Panel Surya Maksimal, Perhatikan Hal ini Ketika Hendak Memasang

ONABANTEN.com – Saat ini, penggunaan panel surya untuk menghasilkan listrik secara mandiri mulai diminati banyak orang.

Kondisi ini tentu tidak lepas dari iklim di Indonesia yang kaya akan sinar matahari dan membuat potensi solar panel jadi semakin besar.

Panel surya bisa menjadi alternatif sumber energi listrik terbaik karena tergolong energi terbarukan.

Meningkatnya permintaan akan penggunaan panel surya, tentunya mendorong pihak swasta untuk berlomba memberikan penawaran yang terbaik dalam menawarkan jasa pemasangannya.

Namun, pemasangan panel surya tidak bisa dilakukan sembarangan. Dibutuhkan tenaga khusus agar bisa dihasilkan pasokan listrik yang sesuai kebutuhan dan dapat diandalkan.

Berikut ini tips yang perlu diperhatikan ketika hendak memasang panel surya melansir dari Sewatama.

1.Periksa sertifikasi perusahaan. Perusahaan yang terpercaya untuk memasang solar panel tentu telah tersertifikasi oleh badan terkait. Di Indonesia proses sertifikasi dilakukan oleh Balai Besar Teknologi Konversi Energi dibawah naungan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

2. Pelajari pengalaman perusahaan tersebut. Pengalaman sebuah perusahaan dalam proses pemasangan panel surya berkualitas perlu diperhatikan agar Anda bisa menemukan perusahaan yang terpercaya.

3. Perhatikan testimoni. Disamping pengalaman, Anda juga perlu memperhatikan testimoni pelanggan yang pernah menggunakan jasa perusahaan pasang solar panel. Seperti halnya pemasangan, pemeliharaan solar panel juga penting untuk mendapatkan pasokan listrik yang dapat diandalkan.

4.Perhitungkan harga yang ditawarkan. Penggunaan panel surya mungkin terasa lebih mahal jika dihitung manfaatnya dalam jangka pendek. Namun jika diperhitungkan manfaatnya selama jangka panjang, panel surya bisa jadi lebih efisien dalam mengalirkan energi listrik secara mandiri.

sumber: pikiranrakyat.com

***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s