Duarr!! Minyak Kapal Tanker Yaman Ini Terancam Meledak Di Lautan!

Baru-baru ini, dunia sedang dihebohkan dengan adanya kapal minyak ditahan di lautan Yaman yang dikuasai oleh pihak pemberontak Houthi.

Tapi bukan penyanderaan tersebut yang menghebohkan dunia, melainkan ancaman ledakan dari minyak kapal tersebut.

Menurut informasi, kapal ini sendiri mengangkut 1,1 juta barel minyak senilai $40 juta untuk pemerintah Yaman. Tentunya ini adalah jumlah yang besar bagi pemerintah Yaman sehingga tentunya bisa menyebabkan kerugian secara ekonomi.

Lebih parahnya lagi, kapal ini sendiri sudah tidak dirawat selama 5 tahun lamanya karena perang sehingga bisa meledak kapan saja.

Dampaknya sudah pasti parah karena pihak PBB dan juga pemerintah Yaman bahkan mengatakan bahwa jika minyak kapal ini meledak maka bisa menimbulkan bencana yang parah.

Bahkan koordinator bidang kemanusiaan PBB untuk Yaman mengatakan bahwa ledakan minyak tersebut bisa melumpuhkan aktivitas pelabuhan Hodeida yang berada di kawasan tersebut.

Tentunya hal ini bisa membuat sekitar 126.000 nelayan Yaman termasuk di Hodeida kehilangan pekerjaan mereka di tengah kesulitan akibat perang.

Selain itu, sebuah kelompok lingkungan Holm Akhdar memperingatkan bahwa minyak yang meledak itu bisa melebar dari Laut Merah hingga Teluk Aden dan Laut Arab.

Tentunya ini bukanlah hal yang gampang diatasi karena sebuah laporan mengatakan bahwa 115 pulau daerah Yaman di Laut Merah bisa kehilangan ekosistem dan butuh waktu 30 tahun untuk mengatasinya.

Tapi masalahnya adalah pihak Houthi sangat keras kepala dan bahkan menolak tim PBB untuk memperbaiki kapal tersebut. Mereka berkali-kali menghambat upaya perbaikan kapal tersebut.

Bahkan pimpinan Houthi, Mohamed Ali al-Houthi mengeluarkan pernyataan di Twitter bahwa dirinya meminta jaminan kapal akan diperbaiki dan nilai minyak di kapal tersebut digunakan untuk membayar gaji karyawan mereka.

Sampai saat ini, masalah ini masih belum menemukan titik terang.

Rencananya pihak keamanan PBB akan mengadakan pertemuan khusus dengan pihak Houthi untuk mendiskusikan masalah ini karena saat ini air laut sudah memasuki lambung kapal minyak tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s