Mobil Listrik Audi A9 e-tron akan Diproduksi 2024

REPUBLIKA.CO.ID, ZWICKAU — Audi berniat untuk juga meramaikan pasar mobil listrik. Empat tahun lalu, Audi pun sempat memperkenalkan konsep electric vehicle (EV) bernama Aicon. Nantinya, produk itu pun akan diproduksi secara masal pada 2024.

Dilansir dari Car Advice pada Jumat (10/7), produk itu nantinya akan hadir dengan nama Audi A9 e-tron. Mobil ini pun dikembangkan secara spesifik oleh divisi autonomous electric car Audi.

Pabrikan Jerman itu pun menunjuk Audi A9 e-tron sebagai produk flagship untuk kelas EV. Produk ini juga jadi salah satu produk EV tahap pertama yang dikembangkan sebagai komitmen Audi untuk fokus pada mobil listrik otonom.

Secara wujud, Audi A9 e-tron merupakan mobil sedan dengan roofline coupe dan liftback. Nantinya, produk ini akan dihadirkan untuk memberikan perlawanan pada Mercedes Benz EQS dan Jaguar XJ.

Salah satu keunggulan Audi A9 e-tron adalah adanya penerapa koneksi jaringan 5G yang menunjang fitur car-to-X yang menyajikan sistem komunikasi terkait kondisi mutakhir dari jalan yang dilalui. Selain itu, koneksi jaringan 5G juga digunakan sebagai penunjang fitur over the air.

Sebagai flagship, Audi A9 e-tron akan menjadi acuan bagi sejumlah produk berikutnya dari Audi. Audi juga berkomitmen untuk menghadirkan sekitar 75 produk EV hingga 2029.

Selain menyiapkan flagship, Audi rencananya juga akan menghadirkan EV dengan harga miring lewat produk Audi Q4 e-tron 2021. Produk itu dapat dihadirkan dengan harga yang kompetitif karena dibangun dalam platform modular electric drive matrix (MEB) yang dikembangkan oleh Volkwagen Group.

Mobil EV crossover ini pun akan jadi produk pertama Audi yang menggunakan platform itu. Dengan demikian, maka produk itu pun dapat jadi produk EV dari Audi yang ditawarkan dengan harga yang paling murah.

Saat ini, Audi telah menghadirkan tiga produk EV. Tahun lalu, pabrikan Jerman itu pun memperkenalkan konsep Audi Q4 e-tron dan akan jadi produk EV keempat dari Audi. Karena mobil tersebut merupakan mobil Audi pertama yang menggunakan MEB, maka mobil ini pun akan hadir dengan pengisian baterai yang lebih cepat dan daya jelajah yang lebih jauh.

Rencananya, Audi Q4 e-tron 2021 akan mulai dipasarkan tahun depan. Produk yang hadir dengan Bahasa desain khas Audi ini diperkirakan akan dipasarkan dengan harga sekitar 45 ribu dolar AS. Artinya, harga Audi Q4 e-tron 2021 lebih murah sekitar 30 ribu dolar AS disbanding harga EV yang telah dipasarkan oleh Audi saat ini.

sumber: republika.co.id

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s