Sungai Dan Danau Di Amerika Menyusut Karena Sapi??!

Cattle in western Colorado.

Biasanya kalo di Indonesia dan tempat lainnya, sungai bisa kekeringan karena faktor cuaca seperti musim kemarau yang berkepanjangan. Tentu ini adalah alasan klasik dibalik keringnya sungai di Indonesia.

Tapi beda lagi di Amerika karena disana penyebab sungai kekeringan justru sapi dan bahkan menyebabkan sebuah sungai mengalami kekeringan terparah dalam waktu 10 tahun terakhir.

Bagaimana bisa?

Jadi begini, saat ini sungai di daerah Colorado sudah menyusut hingga 20% selama 10 tahun terakhir. Akibatnya sungai ini menjadi sungai yang mengalami dampak kekeringan terparah sepanjang 10 tahun terakhir.

Bahkan ada beberapa aliran sungai yang lebih kecil justru sudah benar-benar kering tanpa air sama sekali.

Penyebabnya sebenarnya adalah perubahan iklim dan juga sapi. Ya, daerah Colorado yang terkenal dengan banyaknya peternakan sapi membuat sungai ini kekeringan.

Menurut catatan, sekitar 23% penggunaan air di Amerika digunakan untuk peternakan sapi yang memproduksi daging dan olahan susu.

Di tempat lain, sebuah danau di Arizona dan Nevada mengalami penyusutan jumlah air sejak tahun 1983 dan bahkan mengalami penyusutan hingga hampir sekitar dua pertiga bagian.

Lagi-lagi penyebabnya sama yaitu peternakan sapi yang menggunakan banyak air dalam proses produksi olahan susu dan daging.

Apalagi budaya orang Amerika memang gemar makan produk daging sapi seperti Steak dan juga hamburger yang biasanya dibuat dengan daging sapi dalam jumlah yang banyak.

Akibatnya, saat ini ada sekitar 60 spesies ikan di Amerika terancam punah karena menyusutnya jumlah air di berbagai sungai dan danau di Amerika.

Apalagi aliran air yang sudah kering dapat mengkonsentrasi bahan bahan kimia seperti pestisida dari peternakan dan mengancam ekosistem.

Berbagai solusi sudah mulai dijalankan seperti restorasi sungai dan juga memperbaiki irigasi. Namun dari semua solusi itu, ada solusi lainnya yaitu membuat peternakan sapi tanpa irigasi sama sekali.

Selain itu juga, kampanye pengurangan konsumsi daging juga bisa menjadi solusi untuk masalah ini.

Buktinya, daging yang dibuat dari bahan tanaman dapat mengurangi penggunaan air dan juga mengurangi pemanasan global hingga 90%.

Jadi, apakah anda juga ingin mengurangi makan daging atau masih ingin makan daging? Keputusan anda lah yang mempengaruhi lingkungan nanti.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s