Mungkin, Maldives Tak Terpengaruh Efek Pemanasan Global

Pesawat Amfibi di Maldives

Dari sana diketahui bahwa pasir di sekitar pulau akan ikut terbawa gelombang laut dan beradaptasi dengan kenaikan muka air yang baru.

“Dalam menghadapi perubahan iklim dan kenaikan permukaan laut, pulau-pulau terumbu karang adalah salah satu lingkungan pesisir yang paling rentan di bumi,” ujar Profesir Gerd Masselink, pemimpin penelitian.

Masselink menambahkan bahwa hasil penelitian tersebut membuat banyak negara membangun pertahanan pantai seperti reklamasi sebagai upaya penyelamatan pesisir.

“Pulau-pulau terumbu karang ini telah berkembang selama ratusan hingga ribuan tahun. Akibat kondisi gelombang yang energik, material dari struktur terumbu karang berpindah dan menciptakan pulau,” Masselink mengungkapkan.

Artinya, banjir rob atau kenaikan muka air laut mungkin tak dihindari. Tapi, proses tersebut menjadi bagian dari adaptasi sebuah pulau karang terhadap kenaikan muka air laut. Khususnya, karena efek pemanasan global.

Selain Maldives, Pulau Fatato di Tuvalo juga dijadikan sampel. Melalui pemodelan transportasi laut dan sedimen pantai diketahui saat air laut naik, makan puncak dari pulau akan mengimbangi dan mencegah pulau untuk tenggelam.

Beberapa pulau yang tenggelam di masa depan mungkin tak bisa dihindari. Tapi, hasil penelitian tersebut, yang menunjukkan Maldives cukup aman dari pemanasan global, juga memberikan pilihan alternatif bagi masyarakat pulau untuk menghadapi konsekuensi perubahan iklim.

sumber: detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s