Siswa SMK di Jatim Rancang Mobil Listrik untuk UMKM

Siswa SMK di Jatim Rancang Mobil Listrik untuk UMKM

Jakarta, Beritasatu.com – Pandemi Covid-19 tidak menjadi penghalang bagi siswa SMK Model PGRI 1 Mejayan, Madiun, Jawa Timur (Jatim) untuk melakukan terobosan dan inovasi. Terbukti mereka mampu menciptakan mobil listrik untuk UMKM.

Kepala Sekolah SMK Model PGRI 1 Mejayan, Sampun Hadam menuturkan, mobil listrik untuk UMKM ini dirakit menggunakan peralatan sederhana. Pasalnya, rancangan mobil listrik ini diawali dari gagasan pembuatan kereta cinta atau sepeda cinta dengan sumber tenaga geraknya ayunan kaki manusia.

Namun karena situasi pandemi, mobil listrik hasil karya siswa ini tidak hanya digunakan untuk pembelajaran di sekolah yang ramah lingkungan, tetapi untuk mendukung program SMK Model PGRI 1 Mejayan yang saat ini telah menjalin kerja sama dengan 72 Desa di Kabupaten Madiun, Jatim.

“Setelah dipertimbangkan ke arah profit ternyata kurang mendukung. Maka untuk menggeliatkan potensi ekonomi di masa pandemi Covid -19 pembuatan kereta cinta dialihkan ke produk yang lebih kreatif dan lebih berdaya guna berupa Mobil SMK Untuk UMKM,” kata Hadam dalam siaran pers kepada Suara Pembaruan, Selasa (30/6/2020).

Menurut Hadam, karya siswa yang harganya dibandrol Rp 20 juta ini bermodalkan keberanian, kemauan, dan kekompakan kerja tim yang bertekad untuk mewujudkan impian membantu masyarakat di era pandemi Covid-19.

Kehadiran mobil listrik untuk UMKM ini bisa dipakai sebagai wadah menjual makanan atau bengkel servis keliling.

“Mobil listrik SMK ini sebagai wujud berpikir positif terhadap situasi apapun yang datang, siswa berkreasi, berinovasi mencari solusi melalui karya cipta mobil listrik Untuk UMKM. Mobil ini salah satu keunggulan berpikir positif dan konstruktif dalam menghadapi situasi yang sulit,” ucapnya.

Sumber: BeritaSatu.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s