Hah? Olimpiade Musim Dingin Akan Diadakan Tanpa Salju??

Chinese performers dance during a ceremony to mark the arrival of the Olympic flag and start of the flag tour for the Winter Olympic Games Beijing 2022. Photo: AP

Biasanya kalo olimpiade musim dingin, kita akan membayangkan sebuah pertandingan dengan suasana yang dingin dan juga bersalju.

Selain itu, perlombaan yang bisa kita lihat di musim dingin biasanya ski dan juga hoki karena kedua olahraga ini membutuhkan es dan salju yang hanya ada di musim dingin.

Tapi masalahnya, kemungkinan kita tidak akan melihat lagi adanya pertandingan olimpiade musim dingin dengan salju lagi di tahun 2050.

Kenapa?Kok bisa?

Jadi begini, saat ini ada beberapa tempat yang biasanya menjadi tempat olimpiade musim dingin mengalami gangguan karena perubahan iklim dan pemanasan global.

Contohnya saja, pihak Kanada mengatakan bahwa Gunung Cypress yang menjadi tempat olimpiade musim dingin sudah mulai agak sulit karena medan alam yang berubah.

Selain di Kanada, para atlet ski yang pernah berpartisipasi dalam olimpiade di Sochi, Rusia mengalami kesulitan karena salju di daerah tersebut sudah berkurang banyak.

Tidak hanya itu, salju-salju tersebut banyak yang berat dan basah sehingga menyulitkan para atlet untuk melakukan manuver.

Akibatnya, jumlah atlet ski yang dapat menyelesaikan pertandingan menurun 5 persen dan jumlah atlet yang terluka malah meningkat sebesar 9 persen.

Sebuah penelitian pun juga pernah mengatakan bahwa dari 21 kota yang menjadi tempat pertandingan olimpiade musim dingin, hanya akan ada 8 kota yang tetap bisa menjadi tempat diadakannya pertandingan olimpiade musim dingin.

Bahkan pihak Jepang saja akan memindahkan lokasi olimpiade musim dingin nanti dari Tokyo ke Sapporo yang lebih dingin karena hal ini.

Kemungkinan juga nantinya olimpiade musim dingin di Beijing tahun 2022 nanti akan menggunakan salju buatan.

Jadi solusinya hanya satu yaitu pemerintahan di berbagai negara harus mengurangi emisi karbon sesuai yang telah disepakati dalam Perjanjian Paris.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s