Rayakan Satu Tahun Candi Darling, Saykoji Ajak Anak Muda Peduli Lingkungan

Rayakan Satu Tahun Candi Darling, Saykoji Ajak Anak Muda Peduli Lingkungan

Jakarta, Beritasatu.com – Merayakan satu tahun, program candi sadar lingkungan (darling) telah sukses menginspirasi generasi muda untuk bergabung dalam darling squad, dan melakukan penanaman di empat kawasan candi dan situs bersejarah di tiga provinsi yakni DIY, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Tercatat hingga saat in sudah ada lima kawasan candi yang mendapat aksi penanaman pohon oleh darling squad. Candi yang ditanami ialah Candi Prambanan, Benteng Van Den Bosch, Situs Ratu Boko dan Candi Ijo, Taman Wisata Alam Kawah Ijen dan Kompleks Candi Gedongsongo.

Dalam kurun waktu setahun pula, candi darling berhasil menggandeng lebih dari 1.200 mahasiswa yang terdaftar di 238 kampus di Indonesia.

Dilansir dari siaran pers, Minggu (28/6/2020), pada masa pandemi Covid-19, candi darling tetap berlanjut dengan menyelenggarakan darling from home, yaitu edukasi bagi generasi muda untuk tetap merawat dan menjaga lingkungan melalui virtual workshop dan talkshow daring.

Tak hanya itu, peringatan satu tahun lahirnya candi darling juga turut dilakukan secara virtual mengikuti anjuran pemerintah tentang physical distancing dan menghindari kerumunan orang di satu tempat.

Communication Director Djarum Foundation, Mutiara Asmara, mewakili gerakan candi darling menuturkan, kegiatan darling from home adalah salah satu inovasi di masa pandemi Covid-19 yang senantiasa mendorong generasi muda untuk tetap peduli dan aktif terlibat dalam aksi nyata menjaga lingkungan.

“Demi menjaga keseimbangan alam ini, kami secara konsisten berupaya untuk mendorong generasi muda yang berada di rumah agar senantiasa menjaga keseimbangan alam serta memelihara lingkungan dengan caranya masing-masing. Kami sadar lingkungan yang bersih akan mendukung hidup yang bersih tentunya sesuai dengan protokol kesehatan,” ujar Mutiara Asmara, di sela-sela virtual seremoni perayaan satu tahun candi darling.

Turut hadir dalam perayaan adalah Saykoji, musisi pecinta lingkungan yang juga mengikuti program candi darling di Candi Prambanan tahun 2019. Igor sang vokalis pun mengatakan harapan agar gerakan ini dapat menjangkau lebih luas lagi generasi muda untuk turut berpartisipasi menjaga lingkungan.

Sumber: BeritaSatu.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s