Deretan Aplikasi untuk Mendeteksi Polusi Udara

https: img-k.okeinfo.net content 2020 06 25 16 2236191 deretan-aplikasi-untuk-mendeteksi-polusi-udara-yVW740QIW7.jpg

JAKARTA – Udara bersih memberikan kenyaman bagi masyarakat. Beberapa aplikasi membantu Anda untuk menemukan informasi terkait kualitas udara.

Berikut ini beberapa aplikasi yang menyajikan informasi tentang kualitas udara.

AirVisual

AirVisual menyajikan peta polusi udara di kota-kota di dunia. Aplikasi ini juga menunjukkan kota mana yang memiliki tingkat polusi udara terburuk di dunia.

Terdapat Air Quality Index (AQI) yang memperlihatkan seberapa parah tingkat polusi udara. Kabarnya, AQI pada aplikasi AirVisual dihitung berdasarkan 6 macam polutan seperti PM 2,5, PM 10, karbon monoksida, asam belerang, nitrogen dioksida, serta ozon permukaan tanah.

UdaraKita

Selain AirVisual, ada aplikasi bernama UdaraKita. Aplikasi ini juga bisa menunjukkan nilai AQI serta menjelaskan apakah wilayah tertentu memiliki tingkat polusi yang berbahaya atau masih dalam batas aman.

Aplikasi UdaraKita menyediakan informasi harian, mingguan hingga tahunan. Pengguna bahkan bisa memberikan laporan tentang kualitas udara.

Plume Air Report

Plume Air Report menampilkan informasi tentang kualitas udara. Dengan mengetahui kualitas udara, pengguna diharapkan dapat memantau serta menghindari risiko yang bisa mengancam kesehatan.

Plume Labs kabarnya menggunakan ribuan stasiun pemantau polusi. Aplikasi menghitung beberapa poin, seperti nitrogen dioksida (NO2), ozon (O3) hingga partikel (PM2,5 dan PM10).

sumber: okezone.com