Penyakit Bunga Karang di Danau Rusia Mengancam Kemurnian Air

Sebuah kapal berlayar di Danau Baikal di sepanjang Pulau Olkhon, Siberia Timur, Rusia, 9 September 2016. (Foto: Reuters)

Penyakit tak dikenal mengancam kejernihan Danau Baikal di Rusia, yang dianggap sebagai danau terdalam di dunia. Para peneliti mulai memantau situasi lima tahun lalu, tetapi belum menemukan penyebab penyakit yang melanda bunga-bunga karang di danau itu.

Penyakit itu menyebar di bawah permukaan Danau Baikal Rusia yang terletak di Siberia selatan. Selama lima tahun penyakit bunga karang itu terus bertambah, para ilmuwan mempelajari sumber penyakit yang menyebar ke seluruh populasi bunga karang di dasar danau.

“Kami memantau berapa banyak bunga karang yang ada dan cakupannya di dasar danau. Kami melihat berapa banyak bunga-bunga karang yang sakit, mengumpulkan sampel, dan menganalisa apa yang membuatnya sakit,” kata Olga Maykova, peneliti di Limnology Institute Cabang Siberia, dari Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia

Olga mempelajari apa yang membuat bunga karang itu sakit dan melacak sumber patogennya.

Para peneliti mengatakan, bunga karang yang relatif kecil berukuran lima sentimeter dapat menyaring air sebanyak 20 liter. Sebuah danau yang dipenuhi bunga karang dapat membantu mengurangi dampak buruk pencemaran yang disebabkan oleh kehadiran para wisatawan. [ps/pp]

sumber: voaindonesia.com