Ini Manfaat Penggunaan Panel Surya Di Rumah

Ini Manfaat Penggunaan Panel Surya di Rumah

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), semakin gencar dalam penggunaan sumber daya terbarukan bagi masyarakat. Salah satunya adalah pemasangan panel surya di tiap-tiap rumah dengan penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk masyarakat.

Pihak kementerian juga menyarankan masyarakat memilih panel surya sebagai tenaga listrik karena lebih ramah lingkungan dan bisa digunakan dalam jangka panjang. Berikut ini adalah keuntungan lain dalam menggunakan panel surya di rumah.

Ramah Lingkungan

Isu lingkungan menjadi isu yang paling hangat belakangan ini. Banyak masyarakat tergerak untuk melakukan berbagai hal yang lebih ramah lingkungan. Salah satunya adalah penggunaan panel surya di rumah. Penggunaan panel surya tentu akan membuat Anda menggunakan energi yang terbarukan.

Selain itu pemanfaatan panel surya juga tidak menghasilkan emisi karbondioksida yang menyebabkan efek gas rumah kaca. Oleh karena itu panel surya belum terbukti memberi dampak kerusakan lingkungan secara langsung maupun tidak langsung.

Indonesia Mendapatkan Cahaya Matahari Yang Melimpah

Karena terletak di garis khatulistiwa, Indonesia dikenal dengan negara yang mendapat sinar matahari melimpah. Hal ini tentu menjadi salah satu alasan yang cukup kuat untuk memasang panel surya di rumah. Dengan memanfaatkan energi matahari, maka rumah bisa mendapatkan tenaga listrik dengan mudah melalui panel surya.

Panel Surya Memiliki Ketahanan Yang Kuat

Panel surya ini memiliki masa pakai yang mencapai hingga 30 tahun. Masa pakai yang lama ini tentu menjadi garansi bagi pengguna untuk mendapatkan energi listrik terbarukan dalam jangka waktu yang lama.

Karena memiliki ketahanan yang kuat, panel surya diyakini mampu bertahan dalam kondisi alam yang berubah-ubah. Panel surya mampu bertahan pada hujan deras dan terpaan angin kencang.

Lebih Hemat

Alat penghasil energi listrik ini tidak membutuhkan bahan bakar konvensional yang berasal dari sumber daya tidak terbarukan. Hal ini tentu membuat penggunaan panel surya dalam jangka panjang menjadi jauh lebih hemat.

Pemasangan Yang Mudah

Panel surya dapat dipasang di atap rumah dengan mudah. Biasanya pihak PLN akan melihat terlebih dahulu seberapa besar kebutuhan listrik melalui data tagihan listrik bulanan. Proses pemasangannya akan disesuaikan dengan kebutuhan listrik, biasanya dalam 2 hari pemasangan selesai dilakukan.

Namun walau banyak memberi manfaat, penggunaannya di Indonesia masih terbatas pada banguna tertentu saja. Belum secara komersil digunakan oleh masyarakat secara umum, kecuali lewat permintaan khusus.

Hal ini bisa terjadi karena panel surya memiliki harga yang cukup mahal, belum ditambah dengan biaya pemasangannya juga. Padahal panel surya merupakan investasi jangka panjang yang bisa digunakan dalam jangka waktu puluhan tahun.

Masalah berikutnya adalah sebagian besar rumah di Indonesia cukup sulit untuk dipasangi panel surya. Karena panel surya perlu dipasang pada jenis-jenis rumah tertentu agar bisa berfungsi dengan baik. Walau demikian pemerintah mulai membangun PLTS yang terpusat di beberapa daerah. Jadi setiap rumah bisa mendapatkan listrik yang berasal dari energi matahari tersebut.

sumber: rumah.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s