Luar Biasa, Charge Mobil Listrik dengan Panel Surya Portable Butuh Waktu 10 Hari

Luar Biasa, Charge Mobil Listrik dengan Panel Surya Portable Butuh Waktu 10 Hari

TORONTO – Tesla Model 3 coba dicharge menggunakan panel surya portable yang dibangun di atas trailer, butuh waktu sekurangnya 10 hari untuk dapat mengisi daya baterai hingga penuh.

Percobaan ini dilakukan oleh ItsYeBoi, Youtuber asal Kanada. Ia punya ide dan merancang satu unit panel surya portable yang dibuat di atas sebuah trailer dan dipergunakan untuk mengisi daya sebuah mobil listrik Tesla Model 3 miliknya.

“Saya mencoba membuat panel surya di atas trailer pertama di dunia untuk mencharge Tesla. Elon (Elon Musk, CEO Tesla) tolong perhatikan apa yand saya buat,” ujar Youtuber bernama asli Sean Callaghan ini.

Di atas trailer dirakit 8 panel surya berukuran besar. Agar dapat menyerap sinar matahari dengan efektif dan efisien, posisi panel surya diletakkan miring.

Setelah selesai dirakit dan menghabiskan dana sekitar setara dengan Rp 35 juta, percobaan pun dilakukan dan mengambil tempat di tempat parkir luas. Tesla Model 3 berwarna merah dijadikan objek pengisian dan seperti yang diungkap dalam video di bawah, mengisi daya mobil listrik dengan panel surya portable memang bisa dilakukan namun tidak mudah dan nyaman tentunya.

Dalam kondisi kurang sinar matahari alias mendung, solar panel portable ini hanya mampu menghasilkan listrik 300 watt. Sean menyebut bahwa dalam kondisi panas alatnya bisa menghasilkan 800 watt per menit.

Setelah membiarkan sekitar 15 menit dan matahari mulai muncul, percobaan pertama dilakukan untuk mencharge smart phone. Dan berhasil, pengisian daya dapat dilakukan dengan baik. Dilanjutkan membuat kopi dengan coffee maker berdaya 600 watt dan berhasil.

Kemudian pengisian daya dilakukan pada Tesla. Namun sebelumnya Sean menghitung untuk memperkirakan lamanya waktu yang dilakukan mengisi penuh baterai mobilnya. Tesla Model 3 diproduksi dengan 3 baterai berbeda, mulai dari berkapasitas 54, 62 dan 75 kWh. Tidak disebutkan berapa kapasitas baterai pada Tesla Model 3 yang diuji ini.

Sebelum pengujian dihitung bahwa mobil ini dapat diisi sebagian selama sekitar 30 menit untuk setiap jam murni saat sinar matahari penuh. Untuk mengisi daya Tesla Model 3, dibutuhkan setidaknya 80 jam sinar matahari pada hari cerah atau 100 jam sinar matahari jika hari berawan.

Kesimpulannya jika di hari cerah ada waktu 10 jam sinar matahari, itu berarti akan memakan waktu sekitar 10 hari untuk mengisi Tesla.

Saat ujicoba dilakukan, Tesla Model 3 ini tampak bisa dicharge. Dan pada info di display tertulis butuh waktu 11 jam 50 menit atau hampir 12 jam untuk mengisinya hingga penuh. Detailnya, silahkan simak pada video di bawah ini.

Dan terakhir, memang sejauh ini tidak ada satu pun produsen mobil listrik mengklaim bahwa kendaraan mereka dapat diisi hanya menggunakan tenaga surya. Namun beberapa mobil seperti Toyota Prius Prime dan Hyundai Sonata Hybrid memiliki sel surya di atapnya. Tapi ini umumnya digunakan hanya untuk menghidupkan sistem audia dan juga AC.

Di Indonesia, Mobil123.com pernah meninjau langsung proyek PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) bersama BPPT yang mendukung studi pemanfaatan energi baru dan terbarukan pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya Bilacenge dengan kapasitas 700 kWp berlokasi di Pulau Sumba

sumber: mobil123.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s