Tips Menjadi Keluarga Ramah Lingkungan Selama New Normal

zakii.jpg

Diakui atau tidak, banyak di antara kita yang makin sering pesan makanan online selama #dirumahaja. Jumlah kemasan plastik dan sampah domestik dipastikan ikut menumpuk bila tidak diolah dengan kreatif.

Di Thailand contohnya, Lembaga Lingkungan Thailand sudah menghitung kenaikan sampah hampir dua kali lipat antara bulan Januari dan Maret 2020. Kebanyakan sampah yang ditemukan adalah botol plastik, tas plastik, dan kemasan makanan.
Belum lagi, limbah plastik medis yang berasal dari potongan mika face shield, sarung tangan plastik, masker medis sekali pakai, wadah obat, dan lain sebagainya.
Di masa pandemi seperti ini, kita bisa mengajak orang tua, kakak, adik, atau siapa saja untuk mau memilah sampah domestik. Kita pisahkan mulai dari sampah organik yang bisa dijadikan kompos, lalu sampah anorganik seperti kemasan plastik yang bisa dimanfaatkan kembali menjadi tas belanja atau menjadi kerajinan ecobrick.
Untuk membuat tas belanja, pertama-tama kita pilih model tas belanja yang diinginkan, lalu kita bersihkan lembaran sampah plastik yang dimiliki, kita keringkan, dan dijahit sesuai pola yang dimaksud.
Selain hemat, cara ini juga akan mengurangi kemungkinan penularan virus karena membawa kantong belanja sendiri dan bukan berasal dari toko yang kita tidak tahu kebersihannya.
Sedangkan ecobrick adalah ‘bata’ ringan yang terbuat dari potongan sampah plastik yang sudah dikeringkan dan dimasukkan dalam sebuah botol. Untuk botolnya, kita bisa pakai bekas air mineral kemasan 600 ml atau 1 liter lalu diisi guntingan sampah plastik hingga penuh dan padat.
Setelah padat, kita bisa menggunakannya menjadi kursi, meja, atau bahkan fondasi pos jaga, gapura atau portal di lingkungan rumah. Masing-masing ecobrick bisa langsung direkatkan menggunakan lem dan dibentuk sesuai keinginan.
Bersama dengan tetangga kita bisa menjadi pelopor kegiatan lingkungan sambil jaga Kampung Wani Surabaya selama pandemi. Apakah kamu siap?
sumber: kumparan.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s