Erick Thohir Bentuk Tim Siapkan Baterai Kendaraan Listrik

Menteri BUMN Erick Thohir. Kementerian BUMN memiliki tim yang fokus menyiapkan program electric vehicle battery atau baterai bagi kendaraan listrik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku terbantu dengan dukungan banyak pihak dalam mengemban amanah sebagai Menteri BUMN. Pria yang dikenal sebagai pengusaha ini memiliki target kerja termasuk dalam pengembangan kendaraan listrik.

Erick telah membentuk tim-tim kecil yang memiliki target yang terukur. Salah satunya tim yang fokus menyiapkan program electric vehicle battery atau baterai bagi kendaraan listrik.

“Kita ada lho tim yang fokus untuk EV battery, konsorsium dari empat BUMN besar yakni Pertamina, PLN, Telkom, dan Inalum. Ini bagian dari tim dengan rencana dan target,” kata Erick saat program bincang dengan Rakyat Merdeka di Jakarta, Kamis (18/6).

Baterai kendaraan listrik diproyeksi untuk delapan tahun lagi. Namun, Erick berupaya menyiapkannya dari sekarang.

Di Kementerian BUMN, Erick menilai ia tidak mungkin bekerja sendiri dalam mengelola ratusan BUMN. Ia telah menentukan rencana dan target kepada Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo dan Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin beserta para deputi yang ada di Kementerian BUMN. Hal tersebut agar pekerjaan mereka tidak tumpang tindih.

“Saya dan dua wamen ke manajerial dan portfolio, para deputi lebih ke fokus kedeputiannya masing-masing seperti deputi keuangan, hukum, dan HRD,” ujar Erick

Erick menambahkan, pekerjaan besar tentu tidak hanya mampu dilakukan BUMN sendiri, melainkan perlu dukungan pihak lain seperti pemda dan swasta. Sinergitas, kata Erick, menjadi instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada dirinya. Seperti saat hendak membangun sistem moda transportasi yang terintegrasi di DKI Jakarta, Erick diminta Jokowi menemui Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mematangkan rencana tersebut.

“Waktu saya ketemu Pak Anies sesuai instruksi Presiden itu 10 Januari. Saat ini sudah peresmian empat stasiun, bukan hanya karena saya dan Pak Anies, tapi karena juga tim kita yang ada di bawah,” kata Erick.

Erick menyebut BUMN harus memiliki komitmen dan target serta sinergitas dengan pemda, swasta, hingga desa.

sumber: republika.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s