Tidak Hanya Untuk Masak! Garam Juga Bisa Jadi Baterai!

https: img.okeinfo.net content 2019 12 19 56 2143756 ilmuwan-uji-coba-produksi-baterai-dengan-garam-kulit-apel-CLC4WYfdYH.jpg

Biasanya, kalau makanan di rumah kurang enak pasti ngomongnya “kurang garam”.

Dari sini, kita bisa tahu kalau garam itu dari dulu dipakai buat masak makanan.

Mulai dari makanan sederhana yang bisa dibikin sama anak TK sampe makanan yang dibikin sama chef yang punya skill level dewa pasti semuanya pake garam buat masak.

Kenapa? Karena garam yang rasanya asin bisa memberikan rasa gurih pada makanan yang dimasak.

Selain itu, harga garam yang cukup terjangkau dan mudah ditemukan menjadikkannya sebagai barang wajib dalam memasak.

Tapi nantinya justru garam bisa dijadikan baterai untuk keperluan barang elektronik termasuk mobil listrik. Wow! Gimana caranya?

Jadi begini, saat ini ada beberapa ilmuwan di dunia sedang mencoba untuk mencari bahan alternatif untuk membuat baterai.

Salah satunya adalah ilmuwan dari Institute Helmholtz, Jerman yang sedang meneliti garam yang dibuat dengan garam sebagai bahan pengganti lithium.

Menurut direktur Institute Helmholtz, Stefano Passerini, garam sendiri dipilih untuk menajdi bahan baterai karena memiliki banyak kesamaan dengan sifat lithium.

Passerini juga mengatakan bahwa garam dipilih menjadi pengganti lithium karena keberadaanya yang mudah ditemukan di mana-mana seperti laut dan juga tambang garam.

Lebih menariknya, bagian baterai yaitu grafit digantikan dengan sisa makanan seperti kulit apel yang dikeringkan sehingga tentunya baterai nantinya menjadi sangat murah.

Ide ini sendiri muncul karena biasanya pembuatan baterai dengan menggunakan lithium dapat mencemarkan lingkungan jika dibuang dan tidak terurai dengan baik.

Selain bahaya, baterai dengan bahan lithium dan grafit juga cukup mahal untuk diproduksi sehingga tentunya terobosan ini bisa membuat baterai menjadi lebih murah lagi hanya dengan garam di dapur anda dan juga sisa makanan di tempat sampah anda.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s