Mobil Listrik dengan Baterai Swap Diperkirakan Tumbuh Pesat

Mobil listrik NIO ES8 dipamerkan di Shanghai auto show, Shanghai, Cina 17 April 2019. REUTERS/Aly Song

TEMPO.COJakarta – BJEV, pembuat mobil listrik terbesar di Cina, mengatakan pada hari Jumat, 5 Juni 2020, bahwa armada kendaraannya dengan baterai yang dapat ditukar (swap) akan tumbuh menjadi sekitar 30.000 pada akhir tahun 2020.

Menurut laporan chinadaily.com.cn, 8 Juni 2020, pabrikan ini juga berencana untuk membangun 100 stasiun swap baterai pada paruh kedua tahun 2020, di kota-kota termasuk Beijing dan Xiamen di provinsi Fujian, sehingga total menjadi 300.

Pengumuman membangun stasiun pertukaran baterai muncul setelah dimasukkan dalam Laporan Pekerjaan Pemerintah Cina pada bulan Mei. Itu adalah tanda persetujuan negara terhadap teknologi yang diyakini banyak orang sebagai jawaban atas keraguan masyarakat terhadap kendaraan listrik.

Juru Bicara BJEV, Lian Qingfeng, mengatakan pengisian yang tidak nyaman telah menggantikan kecemasan jarak tempuh sebagai faktor terbesar yang menghalangi calon pembeli mobil listrik.

Dia mengatakan pengisian ulang baterai di garasi pribadi adalah cara terbaik untuk mobil listrik, tetapi kurang dari setengah pemilik mobil listrik di Cina memiliki garasi pribadi atau bahkan tempat parkir tetap.

Teknologi pertukaran baterai menyelesaikan masalah ini. Di stasiun swap baterai BJEV, kendaraan dapat mengganti baterai kosong dengan yang terisi penuh dalam waktu 90 detik.

Teknologi ini memecahkan masalah lain juga: depresiasi. Mobil listrik lebih mahal daripada yang bensin karena baterai, yang biasanya mencapai sekitar 40 persen dari biaya kendaraan.

Selain itu, ketika para ilmuwan mengembangkan baterai dengan rentang yang lebih panjang, mobil listrik bekas menjadi lebih sulit untuk mendapatkan harga yang layak dibandingkan dengan bensin.

Lian mengatakan perusahaan sedang mempertimbangkan untuk menjual kendaraan tanpa baterai, yang dapat mereka peroleh di stasiun pertukaran baterai.

Dengan cara ini, orang dapat membayar lebih sedikit untuk membeli mobil listrik dan tidak khawatir tentang penyusutan baterai yang sudah tua.

William Li, pendiri startup mobil listrik terkemuka Cina Nio, memiliki argumen yang sama. Dia mengatakan kendaraan dengan baterai yang dapat ditukar memungkinkan pemilik mobil untuk terus mendapat manfaat dari kemajuan teknologi baterai.

Statistik menunjukkan bahwa mobil listrik memiliki kisaran rata-rata 160 kilometer pada 2015. Angka ini naik menjadi 350 km pada 2019. Konsumsi daya per 100 km turun dari 17 kilowatt-jam menjadi 14 kWh.

Secara ekonomis, investasi stasiun swap baterai bekerja dengan baik. Sebuah stasiun dengan 28 baterai tidak membutuhkan lebih dari 70 meter persegi ruang dan biaya 3 juta yuan (setara Rp 6 miliar, kurs saat ini 1 yuan = Rp 2.014). Biasanya butuh 30 bulan untuk menghasilkan uang, kata Wang Chunfeng, seorang eksekutif penjualan senior di BAIC Group. Pelanggan stasiun pengisian daya BJEV biasanya adalah perusahaan taksi.

Sebuah survei menunjukkan bahwa kendaraan dengan baterai yang dapat ditukar dapat menerima pesanan 25 persen lebih banyak daripada kendaraan listrik yang harus diisi.

Nio, yang memiliki 132 stasiun di 58 kota yang hanya melayani mobil pribadi, juga melakukan bisnis yang layak. Perusahaan mengatakan bahwa mereka telah menyelesaikan lebih dari 500.000 swap pada Mei lalu, sejak stasiun pertama didirikan pada tahun 2017.

“Itu berarti itu bekerja untuk individu juga. Tetapi jika Anda melayani pemilik mobil listrik pribadi, Anda harus memiliki jaringan yang lebih besar dari lebih banyak stasiun swap baterai,” kata Wang.

sumber: tempo.co

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s