Mencintai Alam Dengan Mengusung Rumah Ramah Lingkungan

Mencintai Alam dengan Mengusung Rumah Ramah Lingkungan

Saat ini memang cukup banyak peminat hunian yang berbasis ramah lingkungan. Desain dan konsep rumah ramah lingkungan bisa dibuat oleh arsitek tentunya dengan preferensi yang sesuai dari keinginan Anda. Namun bukan berarti pemilik rumah tak bisa mewujudkannya secara mandiri.

Ya, Anda bisa mendesain rumah ramah lingkungan secara mudah dan murah. Lalu bagaimana cara yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan konsep rumah ramah lingkungan? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Mendesain Rumah Dengan Banyak Bukaan

Rumah Ramah Lingkungan Mendesain Rumah dengan Banyak Bukaan

Maksudnya, konsep hunian ramah lingkungan yang memiliki banyak celah yang bisa dibuka atau ditutup. Desain seperti ini bisa diterapkan di bagian dapur, samping rumah bahkan di area menjemur baju. Rumah yang lebih terbuka tentu membuat Anda bisa lebih hemat energi.

Anda tidak perlu lagi menyalakan lampu di pagi hingga sore hari, karena ada cahaya matahari yang masuk. Kemudian penggunaan alat pendingin ruangan akan mulai berkurang karena rumah menjadi lebih sejuk ketika memiliki banyak bukaan.

2. Mengusung Konsep Open Space

Rumah Ramah Lingkungan Mengusung Konsep Open Space

Konsep ini memiliki tujuan untuk menjaga lingkungan, karena bisa mengurangi penggunaan partisi dari bahan yang tidak ramah lingkungan. Namun bukan berarti Anda tidak menggunakan partisi sama sekali. Akan ada bagian penting dari rumah yang harus menggunakan partisi.

Hunian yang mengusung konsep open space cukup mudah dilakukan. Misalnya setiap ruang dikurangi pemisahnya, bahkan dibiarkan menyatu akan lebih baik. Konsep ini juga bisa membuat rumah menjadi lebih hemat energi, karena lebih banyak udara segar yang masuk ke dalam rumah. Pendingin udara pun bisa dikurangi penggunaannya.

3. Menanam Tanaman Indoor

Rumah Ramah Lingkungan

Beberapa tanaman indoor memiliki manfaat yang mampu membersihkan udara. Keberadaan tanaman ini di dalam rumah tentu baik bagi penghuninya. Anda dan yang lain akan mendapat udara segar tanpa harus membeli peralatan yang mahal.

Ada beberapa pilihan tanaman yang bisa Anda gunakan. Contohnya lidah mertua yang mampu menghasilkan oksigen yang baik bagi manusia, kemudian ada sirih gading yang dipercaya mampu menyerap racun di udara, dan aloe vera yang ternyata bisa dimanfaatkan sebagai obat alami.

4. Tanaman Di Halaman Rumah

Rumah Ramah Lingkungan Tanaman di Halaman Rumah

Jika ingin mewujudkan hunian ramah lingkungan, maka tanaman tidak hanya ditempatkan dalam rumah saja. Namun, di luar rumah juga harus ada tanaman hijau serta bunga untuk memberi suasana yang asri. Rumput dan tanaman rindang membuat lingkungan rumah menjadi lebih sejuk.

Aktivitas Anda di halaman rumah akan semakin menyenangkan walau di siang hari. Akan jadi lebih baik jika ada zona santai di halaman, misalnya dengan membangun sebuah gazebo sehingga bisa berkumpul bersama di sana. Anda juga bisa membuat sebuah kebun sayur dan buah-buahan di taman. Hasil panennya bisa dinikmati secara bersama-sama.

Konsep hunian yang ramah lingkungan bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Anda bisa menerapkannya dengan mudah tanpa perlu mendesain ulang seluruh bangunan. Hal yang paling utama dari konsep rumah ramah lingkungan adalah pengurangan penggunaan energi berlebih serta mampu menghadirkan suasana sejuk di dalam rumah.

sumber: rumah.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s