Siap-Siap! Harga Air Bisa Lebih Mahal Daripada Bensin!

AIR SUMBER KEHIDUPAN – Integrasi Science

Kalo lagi panas, enaknya ngapain? Ya mandi pake air dingin!

Kalo lagi haus, enaknya minum apa? Enaknya pasti minum air es atau es sirup.

Mau nyuci? Pake air. Semuanya pasti pake air seperti masak, mandi, nyuci, atau mungkin juga rekreasi kayak berenang.

Kita pun juga bisa mudah melakukan hal=hal tersebut karena harga air yang terjangkau dan murah bagi semua kalangan.

Apalagi kita tinggal di Indonesia yang memiliki banyak sumber daya.

Singapura saja yang negara maju malah masih impor air dari Malaysia.

Tapi nih, masalahnya mungkin saja harga air bisa mahal banget sampe harga bensin pun kalah mahal sama air.

Bayangin aja, harga bensin aja paling murah 6000-an per liter. Terus harga air bisa jadi seberapa mahal?

Jadi begini, dunia semakin lama makin berpotensi menuju masalah krisis air.

Beberapa penyebabnya adalah perubahan iklim dan juga pencemaran air. Namun yang paling terlihat di Indonesia adalah pencemaran air seperti contohnya kali ciliwung yang jorok abiss.

Kayak di Jakarta aja, krisis air sebenarnya bisa keliatan banget.

Contohnya aja udah berapa kali orang Jakarta nyalain keran dapet aliran air yang keruh dan bau.

Malahan ada juga yang tau-tau airnya ternyata keruh gara-gara airnya itu diambil dari laut. Miris kan?

Akibatnya, warga Jakarta pun mengambil air tanah dengan cara disedot dengan pompa. Makin lama tanah Jakarta pun menurun dan lama-lama bisa tenggelam di bawah laut.

Di tempat lain, krisis air malah udah terjadi sampe-sampe penggunaan air pun dibatesin cuma 87 liter per orang per hari.

Krisis air ini sendiri terjadi di Cape Town, Afrika Selatan dari tahun 2018 lalu. Penyebab krisis air tersebut adalah kekeringan berkepanjangan.

Akibatnya, air di bendungan pun jadi dangkal dan pasokan air bisa saja dihentikan oleh pemerintah setempat jika air yang tersedia menjadi sangat berkurang.

Berbagai bisnis seperti restoran dan hotel di kota terssebut menjadi terancam karena mengingat Cape Town adalah kota yang cukup sering dikunjungi oleh wisatawan.

Untuk solusinya, bahkan ada juga solusi gila yaitu memindahkan es di kutub utara ke Cape Town. Sinting juga ya?

Seperti hukum ekonomi, dimana semakin langka suatu barang maka semakin mahal barang itu.

Air pun bisa jadi lebih langka daripada minyak bumi jika krisis ini tidak segera diatasi.

Sampai saat ini ada beberapa solusi yang sedang dicoba seperti modifikasi cuaca namun itupun juga masih percobaan.

Tapi itulah kenyataannya, itu berarti anda harus menghemat air agar kita masih punya banyak air dan tagihan PAM anda tidak bikin kantong anda jebol.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s