Tak Mudah Indonesia Ciptakan Energi Terbarukan yang Murah, Andal, dan Berkelanjutan

Tak Mudah Indonesia Ciptakan Energi Terbarukan yang Murah, Andal, dan Berkelanjutan

Merdeka.com – Kajian mengenai pemanfaatan energi terbarukan di Indonesia, yang andal dengan harga yang relatif terjangkau dan berkelanjutan, masih terus bergulir. Sebab, ketiga hal itu cukup sulit diimplementasikan dalam waktu yang bersamaan.

Praktisi Energi Global & Mahasiswa Doktoral Universitas Pertahanan, Sampe L. Purba, menyebutkan situasi ini sebagai trilemma energi, yaitu menemukan satu titik optimum atas 3 hal yang saling bertentangan atau setidaknya yang tidak sejalan.

“Tidaklah mudah bagi kita mendapatkan sesuatu dengan harga murah (affordable), handal (reliable), dan berkelanjutan (sustainable),” ujarnya dalam webinar Menakar Kembali Transisi Energi di Indonesia, Rabu (3/6).

Sampe menyebutkan beberapa hal yang mempengaruhi 3 hal tersebut secara garis besar. Pertama cost structure, meliputi fixed capex, fixed opex, dan variable opex.

Kedua, terkait dengan reliability yakni mencakup base load, intermittent, dual source, power storage, sensitivity to weather, dan grid integration. “Jadi ini ada persoalan teknologi, jadi tidak semata-mata soal harga,” ujar Sampe.

Kemudian untuk sustainability, hal ini terkait dengan feedstock, output, dan selanjutnya offtaker and consumers.

“Sumbernya, misalkan biomass atau waste, ada tidak sumbernya, siapa yang bisa mengerjakan, berapa lama pengerjaannya. Kemudian outputnya, seberapa jauh dia akan mengurangi CO2 reduction, kemudian siapa yang akan membeli ,” beber dia.

“Jadi tiga hal ini harus terpadu,” imbuhnya.

Sementara itu, Sampe juga mempertanyakan sejauh mana target bauran energi terbarukan 23 persen di 2025 dapat terwujud, sementara dengan kondisi normal (tanpa wabah covid-19) pun proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia selalu tidak tercapai.

“Sistem seperti apa yang seharusnya dijalankan agar setiap target yang dicanangkan dapat tercapai, dan perlukan proyek energi terbarukan menjadi prioritas mendapatkan paket stimulus fiskal akibat covid-19,” tandas dia.

sumber: merdeka.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s