Sampah Rumah Tangga Meningkat Selama PSBB

Masyarakat diminta lebih bijak dalam mengelola sampah rumah tangga (Foto: ilustrasi sampah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sampah rumah tangga yang dihasilkan masyarakat meningkat selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Memasuki era kenormalan baru, masyarakat diharapkan lebih bijak dalam memperhatikan tingkat konsumsi, memilih produk dan mengelola sampah yang dihasilkan di rumah tangga.

Selama PSBB, banyak orang yang memusatkan sebagian besar aktivitasnya di rumah. Kebiasaan berbelanja pun tampak bergeser ke arah pembelanjaan daring. Penelitian yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Oseanografi dan Pusat Penelitian Kependudukan LIPI juga menunjuukan bahwa penggunaan layanan pesan antar meningkat di area Jabodetabek selama PSBB.

Seperti diketahui, barang yang dibeli secara daring biasanya dikemas dalam bungkusan yang berlapis-lapis. Bungkusan berlapis dari barang belanjaan daring ini turut menjadi berkontribusi dalam meningkatnya sampah rumah tangga. Hal ini penting untuk diperhatikan mengingat sampah rumah tangga memiliki persentase hingga 62 persen dari total sampah nasional.

“Inilah yang tidak diperhatikan selama ini. Kita beli satu barang yang kecil, agar tidak pecah dibungkus (berlapis-lapis),” tukas Pakar Teknologi Lingkungan Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof Dr Ir Enri Damanhuri dalam webinar bersama Danone-AQUA.

Prof Enri mengatakan pengelolaan sampah tidak bisa hanya bergantung pada konsep kumpul-angkut-buang. Semua pihak, mulai dari masyarakat atau konsumen hingga produsen, harus ikut terlibat.

Masyarakat atau konsumen bisa berperan dalam memilih produk yang sifatnya sirkular atau bisa didaurulang maupun diguna ulang untuk menekan sampah yang dihasilkan. Masyarakat juga bisa berperan dengan memilah sampah rumah tangga atau mengolah sampah organik di rumah untuk kegunaan lain.

sumber: republika.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s