Wabah Virus Corona Mengancam Pasar Mobil Listrik

Wabah virus corona saat ini sudah menyebar ke berbagai negara di dunia dan membunuh sekitar 4000 orang lebih. Tentunya ini adalah ancaman bagi kesehatan dan nyawa berbagai penduduk dunia.

Namun ternyata wabah ini tidak hanya mengancam hidup manusia, tapi juga mengancam pasar bisnis mobil listrik.

Di pasar mobil China, data melaporkan bahwa penjualan mobil di China menurun hingga 80% dan pasar mobil listrik pun juga terkena dampaknya.

Menurut Reuters berbagai perusahaan mobil listrik mengalami penurunan penjualan yang sangat drastis. Perusahaaan BYD mengalami penurunan penjualan hingga 79,5% dan diikuti oleh BAIC Group (65,1%) dan Volkswagen ( 63,4%).

Selain itu, harga minyak yang jatuh menjadi $30 per barel pun juga ikut menggoncang bisnis mobil listrik karena harga minyak yang murah dapat membuat orang-orang menjadi malas untuk menggunakan energi terbarukan sehingga orang-orang pun beralih ke penggunaan energi fosil.

Bisnis mobil listrik China pun juga mengalami tantangan lain yaitu adanya pajak sebesar 25% yang diterapkan oleh pemerintahan Trump untuk produk-produk kendaraan listrik dari China.

Tidak hanya China, pasar mobil listrik dunia pun mengalami kerugian karena wabah ini. Salah satunya adalah pembatalan acara Geneva Motor Show 2020 yang rencananya akan diadakan di Swiss dan memamerkan sekitar 500 kendaraan listrik dari berbagai merek.

Selain itu, saat ini harga baterai mobil listrik dari China yang saat ini memasok baterai untuk Tesla dan Volkswagen naik hingga 10%. Tentunya kenaikan harga ini pun ikut menggoncang bisnis mobil listrik di dunia saat ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s