Pengisian Daya Mobil Listrik Secara Cepat Dapat Merusak Baterai

A Tesla car battery broken by industry standard fast charging

Dalam bisnis mobil listrik saat ini, para konsumen menginginkan mobil listrik yang dapat menempuh jarak yang jauh dengan sekali pengisian daya. Selain itu mereka juga ingin mobil listrik dapat diisi dayanya dalam waktu yang singkat.

Namun pikiran tentang mengisi daya mobil listrik dalam waktu yang singkat harus dihilangkan dari pikiran karena ternyata hal itu dapat merusak baterai mobil listrik itu sendiri.

Fakta ini sendiri ditemukan oleh Mihri Ozkan dan Cengiz Ohkan dalam penelitian tentang efek mengisi daya pada baterai lithium-ion mobil listrik dengan metode pengisian baterai yang cepat.

Mereka juga mengisi daya dengan memperhitungkan resistansi internal baterai dalam percobaan ini. Resistansi baterai sendiri merupakan masalah dalam pengisian daya dan tergantung dari suhu, kondisi pengisian, usia baterai, dan faktor lainnya.

Dalam percobaan, mereka mengisi baterai dengan teknik resistensi internal. Namun kapasitas baterai mulai memudar hingga 40% ketika sudah melalui 40 siklus pengisian dengan metode cepat.

Sedangkan dengan metode resistansi internal, baterai hanya memudar hingga 20% saja setelah 40 siklus pengisian dan masih bisa diisi ulang hingga masa pakainya habis.

Bahkan baterai yang diisi dayanya dengan menggunakan metode pengisian cepat menjadi retak dan hampir meledak setelah melalui 60 siklus pengisian. Keadaan ini pun bisa lebih parah lagi jika kenaikan suhunya mencapai suhu 60 derajat celcius.

A Tesla car battery before and after industry standard fast charging

Perbandingan antara baterai sebelum dan sesudah diisi dayanya dengan metode cepat 

 

Tentunya ini adalah masalah bagi para pemilik mobil listrik karena saat ini baterai ini sduah terpasang di berbagai mobil listrik seperti Tesla Model S dan Tesla Model 3. SElain itu metode pengisian cepat ini sudah diterapkan oleh berbagai stasiun pengisian daya di berbagai tempat di dunia.

Untuk solusinya Cengiz Okhan menawarkan solusi yaitu menggunakan metode pengisian cepat yang adaptifnya untuk mencegah kerusakan pada baterai mobil listrik.

Namun ada juga yang memberikan solusi lain yaitu meminimalkan menggunakan pengisian daya komersial, mengisi ulang sebelum daya baterai benar-benar habis, dan mencegah pengisian daya secara berlebihan.

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s