Perubahan Iklim Akan Memusnahkan Setengah Dari Pantai Dunia Pada Tahun 2100

Beaches 3

Perubahan iklim memang benar-benar menjadi masalah serius yang harus diselesaikan.

Hal ini sendiri dapat terlihat di sebuah penelitian yang mengatakan bahwa perubahan iklim dapat memusnahkan setengah dari pantai yang ada di dunia.

Menurut Michalis Vousdoukas selaku pemimpin penelitian, pantai menjadi pertahanan pertama dari berbagai bencana seperti badai dan banjir sehingga cuaca ekstrem pun bisa bertambah parah jika tidak ada pantai.

Masalah ini pun juga sulit untuk diatasi. Laporan tersebut mengatakan bahwa jika manusia sudah mengurangi penggunaan bahan bakar fosil secara tajam, bumi tetap saja akan kehilangan sepertiga dari jumlah pantai yang ada.

Australia menjadi negara yang terkena dampak yang paling parah yaitu kehilangan garis pantai hingga sepanjang 15.000 km dan diikuti oleh berbagai negara seperti Kanada, Chili, dan Amerika Serikat.

Negara-negara lain seperti Meksiko, China, Rusia, Argentina, India, dan Brazil juga berpotensi akan menghadapi masalah yang sama.

Dalam skenario RCP 8.5, dunia akan kehilangan hingga 132.000 km garis pantai akibat perubahan iklim. Panjang tersebut setara dengan setengah panjang garis pantai di dunia.

Sampai saat ini, Amerika pun mencoba menerapkan skema sistem pertahanan pantai untuk emngurangi dampak dari masalah ini. Namun skema tersebut terdengar di mustahil bagi sebagian besar negara di dunia.

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s