Hore! Emisi Global Saat Ini Sudah Turun 2%

smoke bellows from a coal-fired power plant

Kali ini ada kabar gembira bagi dunia yaitu saat ini bumi sduah mengalami penurunan gas emisi sebesar 2% dari tahun lalu. Jumlah penurunan ini pun menjadi penurunan terbesar selama periode 30 tahun.

Penurunan ini sendiri tidaklah mengherankan karena Amerika dan Eropa sendiri sudah mulai mengurangi ketergantungan terhadap energi listrik batubara dengan mengembangkan energi terbarukan yaitu energi matahari dan angin.

Secara keseluruhan, ketergantungan dunia terhadap batubara sudah turun hingga 3%. Di Amerika dan Eropa sendiri sudah lebih dari setengah pembangkit listrik batubara yang tutup.

Dalam laporan yang dipimpin oleh Dave Jones, pengembangan energi angin dan matahari tumbuh sekitar 15% di tahun 2019 dan memasok 8% kebutuhan listrik dunia.

Pengembangan energi terbarukan sendiri paling pesat terjadi di Eropa dengan 20% pasokan listrik sudah dipasok oleh energi terbarukan dan disusul oleh Amerika (11%), India (9%), dan China (8%).

Dave Jones sendiri mengatakan bahwa pemerintahan di berbagai negara harus mendorong pengembangan energi terbarukan sehingga dapat menghapus penggunaan batubara.

Hal ini sendiri dilakukan untuk memenuhi target dari Perjanjian Paris yaitu mengurangi pemanasan global dengan mencegah kenaikan suhu hingga 1,5 derajat celcius. Laporan tersebut mengatakan bahwa harus ada pertumbuhan sebesar 15% per tahun di sektor energi matahari dan angin untuk memenuhi tujuan itu.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s