Inilah Penyebab Mengapa Sampah Plastik Bisa Membunuh Penyu Di Laut

Sand sculpture on beach in India

Kita seringkali mendengar kampanye untuk mengurangi sampah plastik agar plastik tidak dibuang ke lautan lalu membunuh hewan laut termasuk penyu. Lalu mengapa plastik bisa membunuh hewan laut seperti penyu?

Salah satu penyebabnya adalah plastik dianggap sebagai makanan oleh penyu. Menurut Dr Joseph Pfaller dari University of Florida, mereka merasa bahwa tampilan dan bau dari plastik sangat mirip dengan makanan yang biasa dimakannya.

Namun, ada juga alasan lain yang dikemukakan oleh Pfaller yaitu adanya kemungkinan plastik dapat tersangkut pada penyu.

Selain itu, terkadang di sampah plastik ada suatu bakteri atau hewan yang biasanya dimakan oleh penyu dan baunya seperti sesuatu yang harus mereka periksa. Mereka pun memeriksanya dengan cara memakannya sehingga mereka pun mati.

Walaupun begitu, sampah plastik tidak selalu membunuh hewan laut karena banyak dari mereka sudah terikat dengan konsumsi sampah plastik. Bahkan ada studi yang mengatakan bahwa nantinya 99% burung laut akan mengonsumsi limbah plastik di tahun 2050.

Tetapi masalah sampah plastik tetap saja perlu diselesaikan agar bumi tidak tercemar oleh limbah yang membahayakan manusia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s