Studi Mengungkapkan Bahwa Hutan Tropis Tidak Mampu Menyerap Gas CO2 Lagi

Amazon forest canopy at dawn.

Dari dulu kita sering mendengar bahwa menanam pohon dapat mengurangi pemanasan global karena pohon dapat menyerap gas CO2 yang menyebabkan pemanasan global.

Namun ada fakta ang memprihatinkan yaitu sekarang pohon-pohon di hutan tropis sudah kehilangan kemampuan untuk menyerap gas CO2.

Dalam sebuah penelitian, dikatakan bahwa saat ini hutan tropis menyerap sepertiga lebih sedikit karbon dibandingkan dengan tahun 1990-an. Hal ini dikhawatirkan dapat menjadikan hutan tropis sebagai sumber karbon pada tahun 2060.

Di tahun 1990-an, hutan tropis dapat menyerap 45 milyar ton gas CO2 atau setara dengan 17% gas yang dihasilkan manusia. Namun sekarang hutan tropis hanya dapat menyerap sebanyak 25 milyar ton atau hanya setara dengan 6% karbon yang dihasilkan dunia.

Tentunya hal ini dapat menghambat tujuan dunia dalam menghadapi perubahan iklim. Ditambah lagi berbagai negara dan perusahaan hanya melakukan penanaman pohon sebagai cara untuk mengatasi perubahan iklim.

Dua hutan yang mengalami penurunan kemampuan untuk menyerap karbon adalah Hutan Amazon di Brazil dan hutan di Kongo.

Penyebab dari penurunan kemampuan untuk menyerap karbon ini sendiri terjadi karena berbagai hal seperti kekeringan yang membuat pohon mati dan juga penebangan liar.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s