Polusi Udara Dapat Menyebabkan Gangguan Mental

Image result for polusi udara

Kita seringkali mendengar bahwa polusi udara dapat berdampak buruk bagi pernapasan dan dapat menyebabkan kematian. Namun ternyata polusi udara juga menyebabkan gangguan mental.

Fakta ini sendiri ditulis dalam dua studi yang dibuat oleh University of Cincinnati dan Cincinnati Children’s Hospital Medical Center.

Studi pertama sendiri menganalisis 6800 anak dari 13.176 kunjungan ke psikiater. Hasilnya, paparan polusi secara jangka pendek dapat memperparah kondisi kejiwaan anak-anak 1 atau 2 hari kemudian.

Bahkan kondisi kejiwaan mereka bisa diperburuk oleh keadaan lingkungan yang tidak mendukung seperti lingkungan kumuh yang miskin. Mereka bahkan bisa mengalami gangguan yang lebih parah.

Dalam studi kedua, para peneliti menggunakan teknik neuroimaging untuk melihat hubungan antara polusi dan kejiwaan anak-anak. Hasilnya kejiwaan anak-anak dapat terganggu oleh polusi karena adanya respon inflamasi dari otak.

Secara kolektif, polusi udara sendiri dapat menyebabkan depresi, kecemasan, dan masalah mental lainnya pada anak-anak. Masalah ini menjadi lebih memprihatinkan lagi karena saat ini pihak terkait mengalami kemunduran dalam mengatasi polusi udara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s