Inilah Kekurangan Dari Mobil Listrik Menurut Bentley

Saat ini, mobil listrik menjadi salah satu peluang bisnis baru bagi banyak orang termasuk perusahaan mobil seperti Bentley.

Bentley juga mengatakan bahwa pihaknya ingin menjadi yang terdepan dalam pengembangan mobil listrik. Dari situ, Bentley mulai mencoba membuat mobil hybrid seperti SUV Bentayga dan juga mobil listrik Continental GT.

Namun, ternyata Bentley mengatakan bahwa satu tantangan terbesar dalam mengembangkan mobil listrik yaitu baterai. Hal ini sendiri dinyatakan oleh bos Bentley yaitu Adrian Hallmark.

Adrian sendiri mengatakan bahwa jarak yang dapat ditempuh oleh mobil listrik tergantung dari ukuran baterainya. Semakin besar baterainya maka semakin jauh jarak yang dapat ditempuh.

Apalagi kepadatan daya baterai bisa saja bertambah hingga 30-50%. Tentunya peningkatan kepadatan daya baterai ini bisa membatasi jarak maksimum yang dapat ditempuh oleh mobil.

Adrian berharap bahwa baterai mobil listrik nantinya dapat membuat mobil listrik mampu menempuh jarak 500 km di tahun 2025-2030. Dia juga mengatakan bahwa jika kepadatan daya baterai semakin rendah, maka semakin jauh pula mobil mampu berjalan.

Selain sisi teknis baterai, biaya baterai yang cukup mahal juga menjadi kendala. Adrian mengatakan bahwa harga baterai mobil listrik 6 kali lipat dari harga mesin mobil. Akibatnya harga mobil listrik pun menjadi mahal hanya karena baterainya.

Adrian juga mengatakan bahwa ada penghambat lainnya seperti kurangnya infrastruktur pengisian daya mobil listrik dan juga sumber energi listrik yang dibutuhkan.

Walaupun begitu, Adrian juga mengatakan bahwa nantinya energi terbarukan akan menjadi murah di masa depan.

Tapi tetap saja pengembangan mobil listrik akan mengalami hambatan sekalipun baterai dan infrastruktur terkait sudah terpenuhi.

Adrian mengatakan hambatan itu adalah konsumen yang hanya membeli mobil listrik ketika adanya pengurangan pajak dan subsidi dari pemerintah. Tentunya ini juga menjadi hambatan bagi bisnis mobil listrik.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s