Inilah Tantangan Dalam Pengembangan Mobil Listrik Saat Ini

EV charger

Saat ini, mobil listrik sudah mulai berjaya di dalam bisnis energi dan juga otomotif karena mobil listrik bisa membantu mengurangi efek perubahan iklim. Bahkan baru-baru ini Volkswagen mengeluarkan dana 35 juta euro untuk pengembangan mobil listrik.

Tentunya kita melihat bahwa saat ini bisnis mobil listrik sudah mulai maju dan berpotensi menghancurkan pasar mobil berbahan bakar bensin.

Namun, ternyata pada saat ini pengembangan mobil listrik juga mengalami berbagai tantangan.

Salah satu tantangan dalam pengembangan mobil listrik adalah baterainya. Di Amerika sendiri, pengembangan baterai mobil listrik saja membutuhkan $2 triliun untuk 20 tahun ke depan. Untuk harga baterainya saja, harganya pun cukup mahal yaitu $12.000 .

Tentunya ini bukanlah jumlah uang yang kecil untuk sebuah mobil listrik. Angka $2 triliun ini bahkan mencakup sepertiga dari dana yang diperlukan untuk mengembangkan energi terbarukan di Amerika.

Tantangan kedua adalah sumber energi terbarukan yang tidak dapat memberikan energi secara konsisten. Energi matahari dan angin tentunya bergantung pada intensitas cahaya matahari dan angin sehingga tentunya jumlah listrik yang diproduksi tidak bisa diproduksi secara konsisten.

Tantangan ketiga adalah kurangnya fasilitas pengisian daya mobil listrik. Bayangkan saja, Tesla saja hanya memiliki 762 stasiun pengisian daya di 47 negara sedangkan di dunia ini ada 20-50 juta unit mobil listrik.

Di Amerika sendiri ada 30.000 stasiun pengisian daya, namun tetap saja angka ini terbilang kecil jika nantinya pengguna mobil listrik bertambah jumlahnya.

Selain itu, jika para pengguna mobil listrik mengisi daya dalam waktu yang hampir bersamaan maka akan menyebabkan peningkatan biaya jaringan listrik. Namun untungnya sejauh ini 80% pengguna mobil listrik mengisi daya di rumahnya masing-masing.

Nah, itulah berbagai tantangan yang dihadapi pengembangan mobil listrik saat ini. Tentunya kita pasti bisa menghadapi semua tantangan ini dan memajukan sektor bisnis mobil listrik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s