Wabah Virus Corona Mengurangi Polusi Udara di China

NO2 Pollution Over China

Kita semua tahu bahwa saat ini wabah virus corona yang sedang merebak di berbagai negara membuat banyak orang khawatir. Akibatnya banyak orang pun mengurung diri di rumah dan jarang bepergian.

Nah, ternyata wabah ini pun juga mengurangi polusi udara di China juga lho. Fakta ini sendiri dikeluarkan oleh NASA, badan antariksa Amerika Serikat.

Dari gambar yang terlihat, China mengalami pengurangan kadar NO2 yang merupakan gas emisi rumah kaca pada bulan Februari.

China NO2 polution

Kita dapat melihat perbandingan jumlah kadar NO2 di Wuhan pada tahun 2019 dan 2020 di bulan yang sama. Kadar NO2 hampir tidak terlihat di bulan Januari dan Februari 2020 walaupun pada saat Tahun Baru Imlek dimana orang-orang pulang kampung.

Hal ini sendiri bukanlah hal yang aneh karena berbagai transportasi umum di Wuhan dinonaktifkan untuk sementara waktu hingga wabah berakhir. Selain itu, pembatalan penerbangan ke China juga berdampak signifikan pada pengurangan polusi udara di China saat ini.

Sebelumnya, China pernah mengalami pengurangan polusi udara untuk sementara waktu pada tahun 2008 ketika diadakannya Olimpiade di Beijing.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s