11 Wabah Penyakit Yang Mempengaruhi Bumi

Depiction from the 17th century of the plague in Italy, as seen in Rome's Museo Storico Nazionale Dell'Arte Sanitaria.

Seperti yang kita tahu, saat ini dunia sedang mengalami guncangan berupa wabah penyakit dari virus corona atau COVID-19. Tentunya wabah ini dapat menyebabkan kematian dan juga berdampak pada lingkungan seperti pengurangan perubahan iklim dan polusi karena berkurangnya penggunaan bahan bakar fosil.

Nah, berikut ini adalah berbagai wabah penyakit yang sempat mempengaruhi bumi secara signifikan!

Wabah Justinian ( 541-750)

Nama Justinian sendiri diambil dari Justinian I, seorang kaisar Bizantium pada abad ke 6. Pada masa pemerintahannya, wabah pes terjadi dan membunuh hingga 30-50 juta jiwa pada saat itu yang setara dengan setengah populasi bumi di masa itu.

Akibatnya, berbagai daerah kekuasaan Bizantium yang tersebar di utara Afrika, Asia, dan Timur Tengah direbut kembali oleh pihak musuh yang akhirnya melemahkan kekuatan Kekaisaran Bizantium.

Wabah Hitam ( 1347-1351)

Wabah ini menjadi salah satu wabah penyakit yang paling mematikan sepanjang sejarah manusia. Bayangkan saja, wabah pes ini membunuh sekitar 25 juta jiwa dan mempengaruhi populasi Eropa hingga 200 tahun lamanya.

Wabah ini pun diperparah dengan kurangnya pengetahuan medis pada zaman itu. Para pasien pun hanya diobati dengan cara-cara mistis yang tidak logis dan tidak masuk akal.

Sampai sekarang wabah ini dikenal sebagai “Black Death” yang berarti “Kematian Kelam”.

Cacar Air ( Abad ke-15 sampai ke-17)

Mungkin di zaman sekarang, penyakit cacar air bukanlah penyakit yang berbahaya karena bisa diobati dengan mudah oleh dokter dan juga dapat dicegah melalui vaksin.

Namun pada zaman dahulu penyakit ini adalah penyakit yang mematikan dan ditakuti. Bayangkan saja, penyakit ini bahkan membunuh 20 juta orang yang berarti hampir setara dengan angka 90% populasi dunia saat itu.

Pada akhirnya masalah ini pun bisa diatasi dengan mudah setelah ditemukannya vaksin cacar yang ditemukan oleh Edward Jenner.

Kolera (1817-1823)

Wabah ini pertama kalinya terjadi di India dan menyebar ke wilayah lainnya. Wabah ini pun juga sampai sekarang masih terjadi dan menjangkiti 1,3 juta hingga 4 juta orang setiap tahunnya.

Wabah ini pun juga terjadi di Eropa karena kebiasaan orang Eropa yang jorok yaitu membuang tinja melalui jendela rumah mereka ke jalanan.

Tentunya penyakit ini bisa dicegah dengan tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang kotor. Selain itu, fasilitas sanitasi juga harus diperhatikan kebersihannya untuk mencegah penyakit kolera.

Flu Spanyol ( 1918-1919)

Flu Spanyo atau dikenal dengan Influenza sendiri menginfeksi hingga 500 juta orang dan membunuh sekitar 50 juta jiwa pada saat itu. Wabah ini pun diperparah dengan keadaan medis yang pada saat itu masih kacau karena Perang Dunia 1.

Namun , saat ini wabah ini pun dapat dicegah dengan baik seiring perkembangan dunia medis yang makin maju.

Flu Hongkong( 1968-1970) 

Image result for flu hongkong

Flu Hongkong sendiri juga memiliki kemiripan dengan Flu Spanyol namun tidak sampai membunuh orang sebanyak yang terjadi di wabah Flu Spanyol. Wabah ni sendiri membunuh sekitar 1 juta orang di dunia.

Wabah ini snediri menjadi wabah Influenza ketiga yang terjadi di dunia setelah Flu Spanyol di tahun 1918 dan Flu Asia pada 1957.

Walaupun wabah ini tidak membunuh orang sebanyak wabah Flu Spanyol, wabah ini sangat menular dengan cepat. Di Hongkong saja, ada 500.000 orang yang terinfeksi dalam waktu 2 minggu setelah kasus pertama dilaporkan.

HIV/AIDS ( 1981- sekarang) 

Kasus HIV sendiri pertama kali ditemukan pada tahun 1981 dan sudah menginfeksi 75 juta orang diseluruh dunia sampai sekarang. Dari jumlah tersebut, ada 25 juta orang yang tewas karena penyakit ini.

Sampai sekarang, penyakit ini tidak dapat diobati dan hanya dapat dihambat pertumbuhannya melalui terapi sehingga penderita masih dapat tetap bertahan hidup.

Penyakit ini sendiri merupakan penyakit yang menular melalui hubungan seksual dengan penderita atau hubungan seksual sesama jenis.

SARS(2002-2003) Image result for sars china 2003

SARS sendiri merupakan penyakit yang menjangkit pernapasan dan mirip dengan COVID-19. Wabah ini sendiri pertama kali terjadi di Guangdong, China pada tahun 2002 dan menyebar ke 26 negara.

Penyakit ini pun menginfeksi 8000 orang dan membunuh 774 orang. Para tenaga medis pun mengatasinya dengan mengisolasi tempat yang terdampak dan juga para pasien SARS.

Perlu diketahui bahwa penyakit SARS sendiri memiliki 86.9% kemiripan dengan virus COVID-19.

Flu Babi(2009-2010)

Penyakit Flu Babi sendiri merupakan bentuk baru dari Flu Influenza. Wabah ini sendiri menginfkesi 60.8 juta orang di Amerika dan membunuh antara 151.000 hingga 574.000 orang di seluruh dunia.

Penyakit ini sendiri menular dari babi ke manusia dan ditularkan oleh penderita berusia dibawah 65 tahun. Sedangkan 90% kematian didominasi oleh orang-orang berusia diatas 65 tahun.

Ebola(2014-2016) 

Image result for ebola

Wabah penyakit ini sendiri terjadi di Afrika. Pada awalnya, penyakit ini muncul di sebuah desa di Guinea pada tahun 2014 dan menyebar ke negara-negara di Barat Afrika seperti Sierra Leone, Guinea, dan juga Liberia.

Penyakit ini sendiri menjangkiti 28.600 orang dan menjangkiti 11.325 orang di seluruh dunia. Selain itu, wabah ini menyebabkan kerugian hingga sebesar $4,3 milyar.

Virus Corona atau COVID-19 ( 2019- sekarang) 

Nah, inilah wabah yang sekarang sedang mewabah di dunia. Virus ini sendiri pertama kali ditemukan di Wuhan, China pada Januari lalu dan menyebar ke berbagai negara di dunia seperti Iran, Italia, Korea Selatan, dan lain-lain.

Sebuah prediksi bahkan memperkirakan bahwa 70% populasi akan terdampak dan berpotensi menyebabkan jutaan kematian dan menyentuh PDB global dengan angka $2,4 triliun.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s