Inilah Solusi Untuk Mengatasi Krisis Pangan Pada Tahun 2050

Child eating porridge

Kita semua tahu bahwa di bumi ini, jumlah penduduk semakin banyak setiap harinya. Walaupun begitu, jumlah lahan yang tersedia malah berkurang dan mungkin tidak akan cukup bagi para penduduk dunia.

Bayangkan saja, di tahun 2050 jumlah manusia akan bertambah menjadi 10 milyar jiwa. Akibatnya kebutuhan pangan pun meningkat menjadi 56%.

Nah, inilah solusi untuk mengatasi krisis pangan pada tahun 2050!

Mengurangi Jumlah Sampah Makanan 

milk

Nah, ini adalah solusi ampuh untuk mengatasi krisis pangan. Dalam sebuah laporan, setidaknya sepertiga jumlah dari bahan makanan terbuang dari tahap produksi sampai akhirnya dikonsumsi.

Dalam laporan tersebut, para penulis menuliskan cara untuk mengurangi sampah makanan seperti mengubah pola makan menjadi lebih sehat seperti lebih banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran.

Memproduksi Bahan Makanan Dengan Lebih Efisien 

wheat nebraska

Dalam laporan disebutkan bahwa produksi makanan tidak dibuat lebih efisien, maka akan bumi akan emngalami berbagai kerugian seperti punahnya beberapa spesies, hilangnya hutan, dan meningkatnya suhu bumi dengan kenaikan dari 1,5 hingga 2 derajat celcius.

Salah satu penerapannya adalah mengembangkan sistem peternakan sapi menjadi lebih efisien dari segi lahan, irigasi, hewan ternak, dan lainnya.

Melindungi Ekosistem dan Membatasi Pembukaan Lahan Pertanian

Amazon rainforets

Salah satu penyebab kerusakan alam dan krisis bahan pangan adalah penebangan hutan untuk pembukaan lahan pertanian. Akibatnya ekosistem yang rusak tersebut akan susah diperbaiki jika nantinya lahan pertanian tersebut tidak dipakai lagi.

Tentunya kita harus tetapmenjaga ekosistem alami dan memproduksi bahan makanan dengan lebih efisien sehingga kita dapat terus memproduksi makanan tanpa merusak ekosistem alami.

Meningkatkan Produksi Ikan 

fish market

Kita semua pasti ingat ketika Menteri Perikanan Indonesia kita dulu, Susi Pujiastuti selalu gencar dalam meningkatkan stok ikan dengan cara yang terkontrol demi ekonomi Indonesia.

Ya, tentunya cara ini tidak hanya dapat menyelamatkan ekonomi tapi juga bumi dari krisis pangan.

Penangkapan ikan harus berkurang 5% dalam periode 10 tahun agar stok ikan bisa pulih kembali. Salah satu cara untuk memulihkan stok ikan adalah pencegahan penyakit di antara ikan dan tidak melakukan penangkapan ikan secara berlebihan.

Mengurangi Emisi Rumah Kaca Dari Produksi Pertanian 

greenhouse gas emissions

Dalam menerapkan metode ini, cara yang paling ampuh adalah dengan mengurangi konsumsi daging dan susu karena biasanya produksi daging yang paling banyak memproduksi emisi rumah kaca.

Emisi rumah kaca tersebut berupa nitrogen yang berasal dari urin dan kotoran hewan ternak.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s