Polusi Udara Dapat Menimbulkan Serangan Jantung

Image result for jantung

Kita seringkali mendengar bahwa polusi udara dapat menyebabkan berbagai masalah pernapasan seperti sesak napas dan lainnya. Namun ternyata ada penelitian baru yang mengungkapkan bahwa polusi udara juga dapat menyebabkan serangan jantung.

Penelitian ini sendiri ditulis oleh berbagai peneliti dan diterbitkan dalam jurnal Environmental Health Perspectives. Para peneliti sendiri mencoba untuk mengaitkan hubungan antara partikel ultrafine (UFP) yang ada dalam polusi udara dan dampaknya pada jantung.

Hasilnya, partikel kecil ini dapat menyebabkan serangan jantung fatal jika seseorang terpapar partikel tersebut selama beberapa jam.

Dalam studi tersebut, UFP merupakan partikel yang sangat kecil dengan konsentrasi luas yang cukup luas namun mampu menembus sistem darah manusia. Ukurannya bahkan hingga 100 nanometer atau lebih kecil. Sumber terbesarnya sendiri berasal dari emisi yang dihasilkan asap knlapot mobil.

Saat ini mereka masih meneliti apakah panjang partikel dan konsentrasi luas juga berpengaruh pada penyebab serangan jantung. Selain itu para peneliti juga masih mencari tahu apakah paparan dalam waktu yang singkat juga dapat menyebabkan serangan jantung atau tidak.

Para peneliti juga mengamati data dari 5898 pasien serangan jantung dari tahun 2005-2015 untuk memperkuat penelitian. Selain tentang UFP, para peneliti juga mengaitkannya dengan faktor lain seperti gaya hidup, kondisi sosial, dan lainnya.

Nantinya para peneliti juga berencana akan meneliti tentang pengaruh dari gabungan polusi udara dan suhu ekstrim.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s