Perubahan Iklim Dapat Menyebabkan Kepunahan Satu Dari Tiga Spesies Makhluk Hidup

Image result for makhluk hidup

Perubahan iklim bukanlah masalah yang bisa disepelekan begitu saja. Buktinya baru-baru ini ada studi yang mengatakan bahwa akan ada 1 dari 3 spesies hewan dan tumbuhan yang bisa punah dalam waktu 50 tahun.

Studi tersebut dibuat oleh University of Arizona yang meneliti data dari 538 spesies di 581 tempat di seluruh penjuru dunia. Selain itu, mereka juga menganalisis 19 variabel iklim berbeda sehingga dapat mengetahui variabel mana yang dapat memnyebabkan kepunahan dan seberapa kuat spesies hewan tumbuhan dapat bertahan.

Dari sini, mereka dapat mengetahui seberapa cepat spesies tersebut dapat bergerak untuk menghindari perubahan iklim tersebut.

Setelah mencoba untuk menganalisis data-data tersebut lebih dalam, itu berarti ada 1 juta spesies yang terancam punah karena ulah manusia. Kemungkinan kepunahan massal ke-6 kalinya dalam jangka waktu setengah miliar tahun akan terjadi.

Dalam penelitian tersebut, dikatakan bahwa jika kenaikan suhu lebih dari 0.9 derajat fahrenheit, maka 50% spesies akan punah. Bahkan kepunahan bisa lebih parah lagi yaitu menjadi 95% jika kenaikan suhu diatas 5.2 derajat fahrenheit.

Namun, jika kita menjalankan apa yang ada dalam Perjanjian Iklim Paris maka kemungkinan terjadinya kepunahan bisa berkurang menjadi 1 dari 5 makhluk hidup di dunia. Tetap saja kemungkinan kepunahan tergantung dari apa yang dilakukan manusia terhadap bumi.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s