Harga Gas Alam Yang Murah Menghambat Pengembangan Energi Terbarukan

flaring natural gas in Texas

Seperti yang kita tahu, pengembanagn energi terbarukan tidaklah mudah karena berbagai faktor seperti faktor ekonomi, politik, dan lainnya.

Namun,baru-baru ini Bloomberg Green mengatakan bahwa salah satu hambatan dalam pengembangan energi terbarukan adalah harga gas alam yang sangat murah.

Dalam laporan tersebut, dikatakan bahwa gas alam yang lebih bersih daripada batubara semakin diminati. Walaupun lebih bersih, gas alam tetap saja mengeluarkan emisi yang mengancam bumi. Tapi gas alam tetap diminati karena harganya lebih murah daripada energi terbarukan.

Akibatnya, pengembangan energi terbarukan pun agak kurang diperhatikan, apalagi berbagai perusahaan gas alam sudah membuktikan bahwa gas alam mengeluarkan lebih sedikit emisi daripada batubara.

Selain itu, penggunaan energi gas juga dapat berarah pada pengembangan petrokimia yang mengubah produk gas dan minyak menjadi plastik. Akibatnya proses daur ulang plastik yang menjadi masalah bagi bumi menjadi terhambat karena plastik baru harganya lebih murah daripada plastik daur ulang.

Jadi, pada intinya gas alam dapat menghambat proses pengembangan energi terbarukan dan daur ulang sampah plastik. Selain itu, gas alam juga tidak berdampak baik bagi lingkungan karena tetap emnghasilkan emisi.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s