DPR Indonesia Meluncurkan RUU Energi Terbarukan

Kita semua tahu bahwa sumber energi terbarukan di Indonesia sangat melimpah namun perkembangannya terhambat oleh berbagai hal seperti hukum dan peraturan Indonesia yang cukup menyusahkan.

Namun, sekarang DPR sudah meluncurkan peraturan baru yang mendukung pengembangan energi terbarukan. Mongabay pun melaporkan bahwa ini adalah adalah pertama kalinya DPR meluncurkan RUU tentang energi terbarukan.

Tentunya undang-undang ini dapat mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap penggunaan batubara yang menimbulkan masalah dari segi ekonomi dan ekologis.

Selain itu, RUU ini tentunya dapat membantu Indonesia untuk menghapus 11% dari total emisi yang berdasarkan Perjanjian Iklim Paris.

RUU ini tentunya juga membutuhkan tindakan pembangunan yag nyata sehingga nantinya RUU ini juga turut mengembangkan energi terbarukan. Sebelumnya RUU ini tentu harus diperkenalkan kepada publik terlebih dahulu agar mendapat masukan dari rakyat.

RUU ini diharapkan dapat menciptakan skema penetapan harga pasar energi terbarukan sehingga dapat bersaing dengan energi listrik batubara. Selain itu, penyedia energi listrik yaitu PLN harus mendiversifikasi sumber daya agar dapat mengembangkan energi terbarukan.

Tentunya dengan RUU ini Indonesia menjadi lebih mudah dalam mengembangkan energi terbarukan. Oleh karena itu kita harus tetap optimis dalam pengembangan energi terbarukan di negara kita.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s