Antartika Mencapai Suhu Terpanas Sepanjang Masa

An iceberg bobs in the water of the Antarctic Peninsula.

Pada bulan ini, sebuah tim dari Argentina melaporkan bahwa Antartika mencapai suhu terpanasnya yaitu hingga 20,75 derajat celcius pada 9 Februari 2020. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan suhu pada 6 Februari 2020 yaitu 18,5 derajat celcius dan pada bulan Maret 2015 yait 17,5 derajat celcius.

Fakta ini sendiri ditemukan di pusat penelitian milik Argentina yang terletak di Pulau Seymour, Semenanjung Antartika. Menurut WMO, tempat ini menjadi tepat dengan kenaikan suhu tercepat di dunia yaitu 3 derajat celcius dalam waktu 50 tahun.

Tentunya hal ini bisa membuat es di Antartika mencair lebih banyak lagi karena suhu air laut yang semakin lama semakin panas.

Menurut NASA, jika gletser di Antartika terutama di daerah gletser Pulau Pine dan gletser Thwaites mencair, maka air ketinggian air laut dapat mencapai lebih dari 1,2 meter.

Dengan kenaikan setinggi itu, berbagai negara di dunia seperti Fiji, Samoa, Vanuatu, Tuvalu, dan lainnya bisa tenggelam dan menimbulkan pengungsi iklim yang harus berpindah ke negara lain.

Selain itu, tahun 2020 ini menjadi tahun dimana bumi mencapai suhu terpanasnya selama 141 tahun terakhir. Sebelumnya tahun 2019 menjadi suhu paling panas. Tentunya ini adalah masalah serius yang tidak bisa disepelekan begitu saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s