5 Cara Aneh Untuk Menghasilkan Energi Terbarukan

Weird Renewables

Kita sudah sering mendengar berita tentang perkembangan energi terbarukan. Biasanya energi terbarukan didapat dari alam seperti angin, air, matahari, dan lain-lain.

Namun, ternyata ada juga umber energi terbarukan lain yang mungkin belum pernah terpikirkan oleh kita sebelumnya. Apa sajakah itu? Inilah dia !

Sampah 

Ya, perkembangan energi terbarukan yang bersumber dari sampah sedang dikerjakan oleh kerjasama antara Uni Emirat Arab dan juga Tribe Infrastrucuture Group.

Rencananya proyek ini dapat menghasilkan 29 megawatt listrik dari sampah. Jumah tersebut dapat menyediakan listrik bagi 36.000 rumah dan mengurangi 300.000 ton emisi CO2 stiap tahunnya.

Biayanya memang cukup mahal, namun tetap saja ini adalah solusi yang bagus karena dapat mengembangkan energi terbarukan sekaligus mengurangi sampah secara efektif.

Rencananya proyek ini selesai pada tahun 2022.

Bawang 

Fakta bahwa air dari bawang dapat digunakan untuk sumber energi terbarukan diungkapkan oleh AERS. Menurut lembaga tersebut, air bawang dapat diubah menjadi biogas.

Bahkan sebuah perusahaan di California, Gills ‘Onions sudah menggunakan sistem ini dan menghemat uang listrik hingga $700.000 per tahun dan juga biaya untuk membuang sisa bawang sebesar $400.000 per tahun.

Selain menghemat uang, cara ini juga dapat mengurangi emisi hingga 30.000 ton per tahunnya.

Tinja Sapi 

Tentunya cara ini sudah lama kita dengar dari dulu. Tentunya cara ini juga sudah diterapkan di Indonesia namun sayangnya tidak begitu diperhatikan perkembangannya oleh pemerintah.

Padahal di Amerika, ada sebuah proyek energi terbarukan yang menggunakan kotoran sapi diperkirakan dapat menyediakan listrik bagi 100.000 rumah.

Tentunya cara ini sangat efektif karena selain dapat menyuplai energi terbarukan, cara ini juga dapat mengurangi pemanasan global karena mengurangi jumlah metana yang menuju ke atmosfer bumi.

Ubur-ubur 

Cara ini juga masuk akal karena kita semua juga tahu bahwa ubur-ubur dapat menyengat listrik. Listrik tersebut dapat disengat karena adanya GFP yang menyerap foton dan mengubahnya menjadi elektron.

Cara ini sendiri juga lebih murah dan efektif bila dibandingkan dengan sel silikon walaupun listrik yang dihasilkan lebih sedikit.

Gula 

Gula sendiri dapat digunakan sebagai sumber energi terbarukan karena menghasilkan hidrogen yang dibutuhkan untuk menghasilkan energi. Saat ini, 95% hidrogen dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar fosil.

Selain itu, 2 sendok gula saja dapat menghasilkan energi yang cukup untuk mengisi daya ponsel selama berminggu-minggu. Hanya saja cara ini harus dikembangkan lagi oleh para ilmuwan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s