Wabah Virus Corona Dapat Menyebabkan Kenaikan Harga Panel Surya

Dari artikel sebelumnya, kita mengetahui bahwa wabah virus Corona dapat menyebabkan penurunan harga minyak karena berkurangnya jumlah perjalanan yang dilakukan di China.

Namun, kali ini ada prediksi bahwa harga panel surya nantinya akan naik karena wabah virus mematikan ini.

Prediksi ini sendiri dinyatakan oleh sebuah perusahaan investasi yaitu Roth Capital Partners. Menurut perusahaan ini, kenaikan harga sendiri disebabkan oleh terbatasnya jumlah persediaan.

Hal ini memang benar adanya karena libur tahun baru Imlek di China diperpanjang di 8 provinsi untuk mengurangi penyebaran virus. Beberapa daerah yang diperpanjang masa liburannya yaitu Anhui, Jiangsu, Zhejiang, dan Guangdong merupakan daerah produksi panel surya di China.

Beijing sendiri menghimbau warga China untuk tetap berada di rumah selama 14 hari sehingga tentunya para pekerja pabrik panel surya harus berada di rumah sampai wabah ini berkurang.

Bahkan pihak CPIA meminta pemerintah untuk menunda penyelesaian pembangunan proyek energi matahari yang seharusnya selesai pada 31 Maret dan 30 Juni.

Tidak hanya itu, kebijakan berbagai negara untuk mencegah penyebaran virus Corona dengan melarang warga China memasuki wilayah mereka juga berdampak buruk bagi bisnis panel surya karena para pejabat perusahaan panel surya tidak bisa keluar negeri.

Walaupun begitu, seorang analis dari Bloomberg menganggap bahwa wabah virus Corona tidak berdampak besar bagi bisnis panel surya di luar pasar tenaga surya terbesar dunia.

Sampai saat ini, pemerintah China masih belum mengeluarkan kebijakan terkait masalah ini karena masih sedang fokus pada penanganan virus Corona.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s