Wow! Inilah Pesawat Terbang Rendah Emisi Terkeren!

New Airlander 10 renderings.

Beberapa waktu lalu, ada tren di Swedia yang tercipta oleh Greta Thunberg yaitu tidak bepergian dengan menggunakan pesawat. Penyebabnya adalah pesawat mengeluarkan jutaan ton emisi karbon yang mengakibatkan perubahan iklim.

Ketika tren ini mulai merebak kemana-mana, orang-orang yang mengikuti tren ini pun lebih memilih untuk menggunakan kereta api untuk bepergian karena menghasilkan emisi yang lebih rendah. Jika pergi melintasi laut, mereka meilih untuk menggunakan kapal layar yang tidak menghasilkan emisi karbon sama sekali.

Namun, nantinya mereka tidak harus melakukan ini lagi untuk mengurangi emisi karbon karena sekarang sudah ada yang membuat pesawat terbang rendah emisi yang ramah lingkungan.

Pesawat ini sendiri bernama The Airlander 10 dan merupakan pesawat hibrid yang dibuat oleh perusahaan Hybrid Air Vehicles ( HAV ). Panjangnya sendiri sekitar 320 kaki atau 97 meter sehingga diumumkan sebagai kapal terbang terpanjang dunia oleh pembuatnya.

Kabin pesawat ini sendiri seluas 195 meter persegi dan dapat menampung akomodasi untuk 16 orang dan juga ruang makan untuk 40 orang. Tidak hanya itu, pesawat ini juga memiliki koneksi internet.

Pesawat ini sendiri memiliki berbagai kelebihan seperti mampu mengangkut beban hingga 10 ton dan berada di udara selama 5 hari dengan jarak maksimumnya hingga 7407 km dan dapat terbang hingga ketinggian 6096 meter.

Walaupu begitu, kemampuan dari pesawat ini tergantung dari durasi penerbangan, tujuan penggunaan, muatan, dan faktor lainnya.

Pesawat ini dapat digunakan di berbagai bidang karena dapat dipasangi berbagai fasilitas sesuai tujuan penggunaan. Contohnya seperti pertahanan dan keamanan, logistik, wisata mewah, keperluan maritim, penjagaan pantai, angkutan untuk klien secara privat, dan lain-lain.

Selain itu, pesawat ini juga memiliki kelebihan yaitu dapat mendarat dan lepas landas di medan apapun seperti laut, padang pasir, dan es sehingga tidak memerlukan fasilitas landasan pacu yang biasa ada di bandara. Tentunya kelebihan ini membuat biaya operasional pesawat ini menjadi lebih murah.

Pesawat ini sendiri dapat mengurangi emisi karbon hingga 75% dan sedang dikembangkan bersama dengan Collins Aerospace dan University of Nottingham agar dapat mengurangi emisi hingga 90%.

Rencananya, pesawat ini akan terbang di langit Eropa dan Amerika pada tahun 2024. Harganya sendiri cukup murah bila dibandingkan dengan pesawat terbang jenis Airbus yaitu $ 42 juta. Nah, inilah potret-potret dari pesawat terbang keren ini!

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s