Subsidi Kendaraan Listrik di Berbagai Pasar Inti Tesla Mengalami Tekanan

Image result for tesla"

Saat ini, Tesla sudah mulai berkembang dan menyebar ke berbagai negara di dunia. Perusahaan ini bahkan sudah memproduksi sekitar 360.000 unit Tesla Model 3 pada tahun lalu.

Tentunya kita melihat adanya masa depan yang cerah bagi pasar mobil listrik. Namun ternyata pasar mobil listrik diperkirakan akan suram karena keputusan pemerintah untuk menarik subsidi mobil listrik.

Nah, Tesla pasti juga akan terkena dampaknya karena negara tempat pasar inti perusahaan ini berada sedang menerapkan kebijakan tersebut. Berikut adalah negara-negara tersebut!

Amerika Serikat 

Pada awalnya, pemerintah Amerika Serikat menerapkan keringanan pajak sebesar $7500 untuk 200.000 unit pertama yang berhasil dijual. Setelah ambang tersebut dipenuhi, maka keringanan akan dipotong menjadi setengahnya selama enam bulan ke depan dan akan dipotong menjadi setengahnya lagi untuk enam bulan lagi sebelum akhirnya keringanan tersebut habis.

Usulan untuk menaikkan ambang jumlah unit menjadi 600.000 unit ditolak oleh Kongres Amerika Serikat.

Masa subsidi untuk Tesla sudah berakhir di tahun 2019 lalu. Sedangkan General Motors Company baru akan habis di bulan Maret 2020 nanti.

Norwegia 

Negara ini menjadi tempat dimana Tesla mengalami permintaan melonjak paling tinggi secara global yaitu sebesar 40%.

Norwegia sendiri membebaskan mobil listrik dari pajak 25% dan pajak pembelian yang biasanya dikenakan pada mobil berbahan bakar fosil.

Pemerintah Norwegia sendiri sempat berencana untuk menghapus sebagian dari intensif tersebut pada tahun 2019. Namun pada akhirnya diperpanjang hingga 2021.

Walaupun begitu, berbagai pihak mendesak pemerintah untuk menghapus intensif tersebut dari tahun 2022 secara bertahap.

China 

China sendiri memiliki kebijakan yang sangat mendukung pengembangan mobil listrik yang disebut NEV yang dijalankan dari tahun 2016 lalu. Namun Beijing berencana untuk menghentikannya pada tahun ini karena berbagai kritik dari banyak pihak.

Walaupun begitu, Tesla masih mendapat subsidi NEV dan subsidi lainnya tidak dipotong oleh Beijing.

Tapi tetap saja hal ini mengakibatkan adanya penurunan permintaan kendaraan listrik dan hibrida pada tahun 2019 lalu.

Kanada 

Pada tahun lalu, Kanada menerapkan kebijakan dimana pembeli mobil listrik mendapat potongan $5000 dan potongan $s500 untuk mobil hybrid.

Namun potongan harga tersebut hanya berlaku untuk mobil dengan harga lebih rendah dari $45.000 . Ada juga beberapa model yang dikecualikan sehingga batas harga pun menjadi dibawah $55.000 .

Menurut informasi, Tesla model 3 menjadi satu-satunya mobil listrik yang mendapat potongan harga $5000 karena seharga $ 35.000 .

Belanda 

Pada awalnya, Belanda akan menghilangkan pajak pembelian mobil listrik hingga tahun 2025. Namun kebijakan ini malah dicabut pada tahun 2020 ini.

Akibatnya harga mobil listrik akan menjadi sama dengan harga mobil konvensional di tahun 2026 nanti. Harga mobil listrik Tesla pun akhirnya melonjak karena keputusan ini.

Penjualan Tesla Model 3 pun meningkat menjelang keputusan ini akan dilaksanakan.

Inggris 

Pemerintah Inggris endiri sudah mengurangi subsidi mobil listrik. Namun sampai saat ini Inggris masih memberikan potongan harga sebesar $3500 untuk 31 model mobil listrik.

Jerman 

Saat ini kendaraan listrik di Jerman disubsidi sebesar 4000 euro dan 3000 euro untuk mobil hybrid dengan syarat harga mobil listrik dibawah 60.000 euro.

Tesla model S sendiri tidak mendapat hibah karena seharga 86.600 euro. Sedangkan Tesla model 3 mendapatkannya karena seharga 44.000 euro.

Rencananya pemerintah Jerman meningkatkan hibah sampai 5 tahun ke depan. Namun sampai sekarang Jerman masih menunggu komisi Eropa.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s