Perubahan Iklim Dapat Menghancurkan Keuangan Dunia

Image result for uang hancur"

Kita sudah sering kali mendengar bahwa perubahan iklim dapat menghancurkan lingkungan di bumi ini. Selain lingkungan, ternyata perubahan iklim juga dapat menghancurkan ekonomi dunia.

Hal ini sendiri dikatakan oleh Kristalina Georgieva yang baru saja diangkat menjadi direktur pengelola IMF. Kristalina sendiri mengatakannya ketika diadakannya forum ekonomi internasional di Davos, Swiss.

Menurut IMF sendiri, PDB suatu negara bahkan bisa 1% lebih rendah dari yang seharusnya jika terkena badai besar walaupun terjadi 7 tahun yang lalu.

Perempuan berusia 66 tahun ini juga menggambarkan berbagai langkah yang akan dilakukan oleh lembaga keuangan global untuk mengatasi perubahan iklim seperti mendorong berbagai negara untuk menerapkan pajak karbon, mengharuskan investor untuk mengurangi perubahan iklim, dan mengukur situasi keuangan suatu negara dari persiapan menghadapi perubahan iklim.

Perubahan iklim sendiri juga terkait dengan keuangan karena lembaga bank sendiri sudah mendukung investasi energi fosil selama beberapa dekade dan tidak mempedulikan dampak perubahan iklim terhadap konsumen.

Namun sekarang berbagai lembaga keuangan dan perusahaan sudah mulai menyadari adanya perubahan iklim. Salah satunya adalah BlackRock, perusahaan pengelola aset terbesar dunia mengatakan akan merubah kebijakannya untuk menghadapi perubahan iklim.

Selain itu, Microsoft juga berjanji untuk mengurangi emisi karbon dan menghapus karbon yang jumlahnya setara dengan jumlah yang pernah dikeluarkan oleh Microsoft pada tahun 2050.

Dalam pertemuan di Davos sendiri, para investor dan pebisnis mendiskusikan resiko fisik dan transisi dari perubahan iklim.

Resiko fisik sendiri dimaksudkan sebagai bencana alam yang merusak infrastruktur ekonomi.

Sedangkan resiko transisi dimaksudkan sebagai kemunduran berbagai perusahaan karena kebijakan iklim dan kemunculan perusahaan yang mendukung perlawanan terhadap perubahan iklim.

Resiko transisi sendiri menjadi resiko yang sulit untuk dihadapi karena tidak dapat dihadapi terlalu cepat namun tidak bisa dihadapi terlalu lambat juga.

Walaupun begitu, perubahan iklim juga memunculkan peluang ekonomi baru yaitu pengembangan energi terbarukan karena ini adalah saat yang tepat untuk menggenjot investasi energi terbarukan.

Tentunya pemerintah dan investor harus bekerjasama untuk melawan perubahan iklim dengan berinvestasi dan membuat kebijakan yang mendukung pengembangan energi terbarukan.

Jadi, bisa dibilang perubahan iklim melahirkan dan menghancurkan bisnis yang ada sehingga keuangan dunia pun dapat mengalami pengaruh yang cukup kuat.

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s