Orang Kaya Amerika Paling Banyak Membuang Makanan

moldy orange

Selain masalah perubahan iklim dan kerusakan bumi, dunai juga masih mengalami masalah kelaparan yang cukup kompleks dan masih belum terselesaikan hingga kini.

Sampai saat ini, masih ada berbagai negara yang mengalami masalah kekurangan pangan seperti Korea Utara, Burundi, Eritrea, Ethiopia, Timor Leste, Madagaskar, dan lainnya.

Tentunya hal ini membuat kita bersyukur karena bisa makan yang cukup dan tidak kekurangan gizi. Selain itu, dari sini kita juga harus belajar untuk makan secukupnya dan tidak membuang makanan secara sia-sia.

Namun, baru-baru ini ada laporan dari Amerika yang mengatakan bahwa sekitar 30-40% makanan yang ada di Amerika terbuang secara sia-sia. Miris kan?

Laporan ini sendiri dibuat oleh seorang profesor dari College of Agricultural Sciences, Edward Jaenicke. Penelitian ini sendiri menggunakan datadari 4000 rumah tangga di Amerika.

Hasilnya, setiap rumah tangga membuang 31,9% makanan yang ada dan lebih dari 2/3 rumah tangga juga membuang makanan dari 20% hingga 50%. Tentunya kebiasaan ini menyia-nyiakan sumberdaya yang ada untuk memproduksi makanan.

Beberapa rumah tangga tidak membuang begitu banyak makanan karena berbagai hal seperti mengalami krisis, banyaknya jumlah anggota keluarga, jarak toko dengan rumah yang jauh, dll.

Jika ditotal, nilai makanan yang terbuang bernilai hingga 240 milyar dollar setiap tahunnya. Bayangkan saja jumlah makanan yang terbuang  setiap tahunnya jika nilainya bisa melebihi harta Jeff Bezos.

Selain menyia-nyiakan sumber yang ada, membuang makanan juga menyebabkan pemanasan global. Menurut FAO, makanan yang terbuang di dunia dapat mengeluarkan hingga 3,3 gigaton emisi rumah kaca. Jumlah ini bahkan bisa dibilang menjadi jumlah emisi karbon ketiga terbanyak di dunia setelah Amerika dan China.

Oleh karena itu, mari kita bersama-sama belajar untuk tidak membuang makanan demi lingkungan dan sesama kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s