Inilah Cara-Cara Untuk Memasok Listrik Energ Terbarukan Dari Rumah

Image result for energi terbarukan

Kita semua tahu bahwa listrik dari energi terbarukan lebih ramah lingkungan dan juga lebih mudah didapat karena berasal dari alam. Lalu bagaimana caranya kita mendapat listrik dari energi terbarukan dari rumah kita sendiri? Inilah cara-caranya!

Turbin Angin 

Nah, penggunaan energi angin dalam memproduksi listrik sendiri bisa menjadi salah satu pilihan yang bagus. Itu karena penggunaan energi listrik dari angin memiliki daya yang stabil.

Namun, penggunaan energi angin menelan biaya yang cukup mahal karena harga turbin angin sendiri paling murah seharga $3000 atau setara42 juta rupiah.

Selain itu, energi angin jugatidak bisa dipakai setiap saat karena tergantung dengan intensitas angin di sekitarnya sehingga penggunanya harus mempersiapkan sumber listrik cadangan.

Hidroelektrik 

Produksi listrik dengan hidroelektrik memiliki daya yang lebih stabil daripada energi angin karena produksi listrik dengan cara ini menggunakan gerakan dari aliran air sungai sehingga produksi listrik pun dapat terus dilakukan.

Selain itu, produksi listrik dengan cara ini dapat menghemat lebih banyak uang listrik karena kita tidak perlu membayar uang listrik lagi ika mendapat listrik dengan cara ini.

Namun cara ini memiliki kekurangan karena generator yang dipasang di daerah sungai bisa saja menjebak makhluk hidup yang ada di sungai. Selain itu harganya cukup mahal yaitu antara $1000-$20.000 .

Walaupun begitu, cara ini bisa dibilang salah satu cara yang terbaik untuk mendapatkan listrik.

Energi Matahari 

Cara ini bisa dibilang efektif karena biasanya cara ini yang sudah digunakan oleh berbagai negara di dunia seperti China.

Selain itu, matahari juga akan selalu ada sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik untuk penggunaan energi terbarukan.

Namun, tetap saja cara ini tidak bisa digunakan jika cuaca sedang berawan sehingga kita perlu membeli baterai untuk menyimpan energi listrik yang sudah diproduksi.

Harga untuk memasang panel surya sendiri seharga sekitar 100-200 juta rupiah lebih.

 

Manakah cara yang anda pilih?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s