Elon Musk Akan Mengirim 1 Juta Orang Ke Mars Untuk Menyelamatkan Bumi ?

Kita seringkali mendengar berita tentang kerusakan bumi yang disebabkan oleh pencemaran lingkungan. Namun banyak orang yang tidak menyadari bahwa pencemaran lingkungan disebabkan oleh jumlah penduduk bumi yang terlalu banyak.

Bayangkan saja, di bumi ini saja sudah ada 7 miliar orang lebih yang hidup dan jumlahnya akan terus bertambah hingga angka 10 miliar pada tahun 2050. Tentunya hal ini dapat berdampak buruk bagi kondisi air dan makanan.

Solusi yang seringkali dicanangkan oleh pemerintah berbagai negara adalah program keluarga berencana. Namun program ini tetap tidak bisa memberikan solusi yang ampuh.

Lalu bagaimana kalau kita menyelesaikannya dengan memindahkan sebagian penduduk bumi ke planet lain? Apakah bisa?

Jawabannya adalah bisa!

Saat ini, Elon Musk dan perusahaannya yaitu SpaceX membocorkan rencana mereka untuk membangun kota di Mars untuk ditinggali oleh 1 juta orang pada tahun 2050.

Elon juga mengatakan bahwa dia berharap dapat membuat 1000 roket dalam waktu 10 tahun untuk mengangkut manusia menuju planet tetangga bumi itu.

Rencananya dari situ Elon meluncurkan 3 roket per harinya untuk mengantar siapa saja yang mau ke Mars dengan membayar sejumlah uang. Bahkan ia juga menyediakan pinjaman bagi yang tidak mampu membayarnya.

An illustration of SpaceX's planned Starship rockets on launchpads of a city on Mars.

Ilustrasi dari SpaceX tentang proyek mengirim manusia ke Mars 

Dalam rancangannya, roket ini digambarkan sebagai roket terkuat yang dapat membawa 100 orang dan beban 100 ton dalam sekali waktu. Roket ini pun juga rencananya akan digunakan untuk mengangkut kebutuhan-kebutuhan ke Mars.

Itu berarti, Elon dapat mengangkut sekitar 100 megaton dan 100.000 orang dengan roket-roket tersebut. Elon juga mengatakan bahwa ia berharap nantinya akan ada 1000 roket yang dapat berangkat ke Mars setiap tahunnya.

Rencananya SpaceX akan meluncurkan prototipe pertama mereka pada bulan Maret tahun ini. SpaceX sendiri memiliki 20 rancangan prototipe roket yang didesain untuk mengangkut barang dan manusia ke Mars.

spacex starhopper starship nasa saturn v apollo mk1 height comparison graphic illustration chart

Elon Musk sendiri meperkirakan bahwa biaya sekali peluncuran sekitar $2 juta dan jumlah itu jauh lebih murah daripada biaya yang seharusnya dikeluarkan untuk pergi ke luar angkasa.

Elon sendiri berharap dapat meluncurkan roket ini ke orbit pada pertengahan tahun 2020 ini. Jika anda diajak untuk ke Mars dengan cara ini, apakah anda tertarik?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s