Lima Tren Energi Yang Akan Terjadi di Tahun 2020

Solar Panels

Di tahun 2020 ini, ada banyak perkiraan tentang berbagai hal yang akan terjadi dunia ini, termasuk masa depan energi dunia. Berikut ini adalah beberapa hal yang akan terjadi dalam pengembangan energi dunia di tahun 2020.

Jatuhnya Kejayaan Bisnis Batubara

Di tahun lalu saja, sektor energi terbarukan mengambil bagian yang lebih besar daripada penggunaan energi listrik daripada batubara walaupun Trump lebih fokus dalam pengembangan batubara.

Sejak tahun 2010 saja, sudah ada 546 pembangkit listrik batubara dengan total energi 102 gigawatt di Amerika yang dinonaktifkan dan rencananya akan ada pembangkit listrik batubara 17 gigawatt lagi yang akan dinonaktifkan pada 2025.

Bahkan ada rencana untuk menutup pembangkit listrik batubara di New Mexico pada akhir tahun 2020 dan di Colorado pada tahun 2030.

Tentunya masih ada lebih banyak tempat lagi yang akan melakukan hal yang sama.

Penolakan Terhadap Penggunaan Gas Alam 

Salah satu solusi untuk emngurangi karbon emisi adalah mengganti penggunaan batubara dengan gas alam. Namun tetap saja gas alam merupakan bahan bakar fosil yang mengeluarkan karbon emisi yang merusak bumi.

Itulah yang menyebabkan para ahli energi terbarukan dan iklim menolak mentah-mentah penggunaan gas alam sebagai solusi dari pengurangan karbon emisi.

Bahkan di Juli 2019 saja, pemerintah kota Berkeley, California mengeluarkan kebijakan yaitu semua rumah baru di Januari 2020 tidak boleh menggunakan listrik yang bersumber dari gas alam untuk mengurangi emisi rumah kaca dan mengembangkan penggunaan energi terbarukan.

Menurut laporan, 10% karbon emisi Amerika dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil termasuk gas alam. Tentunya ini memperkuat fakta bahwa penggunaan gas alam harus dihapuskan.

Belum lagi akhir-akhir ini sudah muncul aktivis lingkungan asal Swedia yaitu Greta Thunberg yang menyuarakan penghapusan energi fosil.

Kebangkitan Energi Matahari 

Menurt sebuah penelitian, pengembangan energi matahari akan mencapai kejayaan karena rendahnya harga energi terbarukan. Bahkan 74% fasilitas bahan bakar fosil sedang terancam hancur oleh energi matahari dan angin yang lebih murah dan dapat menyiapkan listrik dengan jumlah yang sama dengan pembangkit batubara.

SEIA juga mengatakan bahwa di tahun 2020, berbagai kebijakan iklim dan ekonomi akan mengarah pada pengembangan energi matahari.

Dorongan Untuk Pengembangan Energi Terbarukan Semakin Kuat 

Sebuah lembaga di Amerika yaitu ACORE terus berjuang selama bertahun-tahun agar kebijakan federal terkait pengembangan energi terbarukan terus diterapkan untuk mendukung penggunaan energi terbarukan.

Tumbuhnya Kesadaran Masyarakat Terkait Iklim Dunia 

Menurut Leah Stokes, asisten profesor University of California-Santa Barbara Bren School of Environmental Science & Management, kesadaran tentang iklim dunia akan lebih meningkat pada tahun 2020. Apalagi di era pemerintahan Trump yang lebih sering mengeluarkan kebijakan iklim yang tidak ramah lingkungan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s