Jokowi bilang Uni Eropa tuding sawit rusak lingkungan karena kalah saing

Jokowi bilang Uni Eropa tuding sawit rusak lingkungan karena kalah saing

KONTAN.CO.ID –  JAKARTA. Presiden Joko Widodo menyebut Uni Eropa sengaja memainkan isu bahwa kelapa sawit dapat merusak lingkungan. Menurut Jokowi, hal tersebut dilakukan agar minyak yang dihasilkan mereka dari biji bunga matahari tak kalah saing.

“Uni Eropa memunculkan isu tidak ramah lingkungan, sebetulnya apa sih mereka ngomong begitu? Karena sawit ini bisa lebih murah dari minyak bunga matahari yang mereka hasilkan,” kata Jokowi saat membuka Rapat Kerja Nasional I PDI-P, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (10/2/2020).

Padahal, kata Jokowi, Indonesia saat ini memiliki 13 juta kebun kelapa sawit yang setiap tahun berproduksi. Produksi minyak kelapa sawit tiap tahunnya kurang lebih mencapai 46 juta ton per tahun.

Namun, Jokowi kini mengaku tidak pusing dengan langkah Uni Eropa yang memblokir sawit dari Indonesia. Sebab, Indonesia perlahan bisa memanfaatkan kelapa sawitnya sendiri untuk menghasilkan bahan bakar minyak Biodiesel 20 dan Biodiesel 30.

“Kamu tidak beli CPO kita enggak apa-apa, karena kita jadikan B20 dan tahun ini mulai B30. Ya kita pakai sendiri saja seperti tadi disampaikan Bu Mega,” kata Jokowi disambut tepuk tangan kader PDI-P yang hadir.

Jokowi mengklaim dengan implementasi B30 ini, maka Indonesia bisa menghemat Rp 110 triliun setiap tahunnya.

Dengan cara ini, Jokowi meyakini Indonesia bisa mencapai cita-cita bung Karno yakni berdikari secara ekonomi, berdaulat secara politik dan berkepribadian dalam kebudayaan. “Sehingga kita tidak mudah ditekan siapapun, negara manapun,” kata dia. (Ihsanuddin)

sumber: kontan.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s