Misi Penghijauan, Polres Jombang Tanam 1999 Pohon di Wilayah Kota Santri

Image result for polres jombang tanam pohon

TIMESJATIM, JOMBANG – Dalam misi penghijaun atau kelestarian lingkungan di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Polres Jombang bakal menanam 1999 pohon di lingkungan pemerintah daerah Kota santri.

Kapolres Jombang AKBP Boby Pa’ludin Tambunan mengatakan, penanaman pohon tersebut, sebagai tindak lanjut petunjuk pimpinan Polri dari arahan Presiden dan sebagai bentuk kepedulian dari aparat pemerintah TNI-Polri terhadap kelestarian lingkungan sekitar.

“Karena dengan kemajuan disemua sendi kehidupan, selain membawa dampak positif terhadap kehidupan peradapan manusia juga membawa membawa hal negatif yang diantisipasi akan membawa bencana bagi manusia,” katanya pada Kamis (1/2/2020) kepada awak media.

Selain itu, lanjut mantan Kapolres Bangkalan tersebut, masalah kelestarian lingkungan juga telah mendapatkan perhatian dari pemerintah dengan mengeluarkan keputusan Presiden tahun 2008, yang menetapkan hari menanam pohon Indonesia (HMPI), pada bulan November dan bulan Desember yang ditetapkan sebagai bulan menanam Indonesia yang dimulai dengan program satu orang, satu pohon.

Boby mengatakan, jika program tersebut diterapkan dan terus digelorakan akan membawa kemajuan dan perbaikan terhadap lingkungan sekitar. Hal itu dapat mengurangi dan mencegah terjadinya kerusakan iklim akibat pemanasan global.

“Maka tahun 2020 digelorakan penanaman pohon dengan dimulai menanam 1999 pohon yang secara simbolis dilakukan penanaman oleh Forkopimda yang nantinya ditindaklanjuti di lingkungan sekitar,” jelasnya.

Tidak hanya itu, lanjut Boby, sebanyak 1999 pohon yang bakal ditanam tersebut, dimungkinkan akan bertambah dari partisipasi sejumlah relawan dan perusahaan.

“Sehingga dimungkinkan lebih dari 2.000 pohon yang terdiri dari pohon mahoni, pohon alpukat, pohon trembesi, pohon jati dan berbagai jenis pohon lainnya yang akan ditanam dibeberapa titik yang ada di seluruh Kabupaten Jombang,” ujarnya.

Dengan itu, Polres Jombang berharap, agar aksi nyata ini dapat digelorakan dan dilaksanakan hingga level masyarakat pedesaan, sehingga membawa manfaat yang cukup besar bagi lingkungan dan alam sekitar. (*)

sumber: timesjatim.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s